Menristek Paparkan 10 Tren Teknologi Selama Pandemi Covid-19

Rizky Alika
22 Juni 2020, 20:23
teknologi, virus corona, new normal
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro di Bandung, Jawa Barat, Senin (9/12/2019). Bambang (22/6) menyampaikan 10 tren teknologi yang berkembang usai pandemi berakhir.

Pandemi Covid-19 diperkirakan akan banyak mengubah banyak hal termasuk tren penggunaan teknologi. Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menjelaskan, paling tidak ada sepuluh pergeseran pemanfaatan teknologi hingga dua tahun mendatang.

Ini lantaran dalam situasi normal baru akan ada perubahan pola interaksi masyarakat. Namun di sisi lain ekonomi akan tetap produktif sehingga pemanfaatan teknologi akan menjadi jalan keluar.

Advertisement

"Sepuluh tren teknologi untuk bahan riset dan pengembangan lebih dalam untuk less contact society," kata dia dalam Katadata Forum Virtual Series bertajuk 'Penanggulangan Covid-19 Berbasis Pengetahuan Dan Inovasi', Senin (22/6).

(Baca: Pengunjung Sepi, Hanya 80% Gerai di Mal Sudah Beroperasi)

Bambang mengatakan tren pertama adalah perubahan belanja lewat online yang terus menjadi kebutuhan masyarakat. Kedua, pembayaran dengan sistem digital akan semakin diminati karena efisien. Ketiga, teleworking atau kerja dari rumah yang marak dilakukan akan menghasilkan teknologi pendukung.

Keempat, telemedicine atau pemakaian aplikasi layanan kedokteran digital akan semakin dibutuhkan untuk menghindari kontak langsung. Kelima, tele-education dan pelatihan online selama pandemi covid-19 juga akan diminati. "Ini akan menjadi mainstream," kata Bambang,

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement