SKK Migas Klaim Rasio Penggantian Cadangan Migas Indonesia Meningkat

Anggita Rezki Amelia
11 Juni 2018, 16:25
Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat ada peningkatan rasio penggantian cadangan migas (Reserve Replacement Ratio/RRR). Penyebabnya adalah disetujuinya pengembangan beberapa lapangan migas.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan RRR Indonesia saat ini sudah mencapai 154%. Capaian itu sudah melewati target yang ditentukan yakni 100%. Bahkan angka tersebut lebih tinggi dari capaian sepanjang tahun 2017 yang hanya 55,33%. 

Adapun hingga Mei 2018, pemerintah sudah menyetujui proposal pengembangan 22 lapangan migas.  Proposal itu bisa berupa pengembangan pertama (Plan of Development/PoD I), kemudian PoD II, hingga pengembangan di lapangan yang sudah berproduksi (Put on Production/PoP).

Mengacu data SKK Migas, 22 lapangan itu terdiri dari Sikladi, Pematang Phase 2, Ampuh, West Pangkah,  DSF Area 1-10, Benggala, Komplek Gandaria, Meliwis, I NW Kenanga, Panen, Hitam, Petapahan Phase 4, Sedingin, Semberah,  Haur Gede, PoD Kujung Gas, Karamba, Lapangan Ujung Pangkah, Papa. Kemudian ada Merakes,  Asap,Kido dan Merah.

Asap, Kido dan Merah ini tergabung dalam satu pengembangan Blok Genting. "Setelah disetujui PoD merakes dan PoD Genting di Asap, Merah dan Kido, sehingga RRR sudah bisa di atas 100%," kata dia beberapa waktu lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...