Proyek Gas Jambaran Tiung Biru Ditargetkan Beroperasi 100% Maret 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Januari 2023, 11:22
lapangan gas, jambaran tiung biru, produksi gas,
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Suasana area Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB)Êdi Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (21/12/2022).

Proyek lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JBT) di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur ditargetkan beroperasi penuh atau mencapai kapasitas produksi 100% sebesar 192,75 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd) pada Maret 2023. Ini mundur dari target sebelumnya pada pertengahan atau akhir Desember 2022.

Deputi Eksploitasi SKK Migas, Wahju Wibowo, mengatakan bahwa sejauh ini lapangan gas Jambaran Tiung Biru punya kapasitas produksi gas 70-75 mmscfd sejak kegiatan pengaliran gas perdana atau Gas On Stream (GoS) pada September tahun lalu.

"Semoga target kami di bulan Maret 2023 produksinya bisa full capacity," kata Wahju saat konferensi pers di Kantor SKK Migas Jakarta pada Rabu (18/1). pada pertengahan atau akhir Desember 2022.

Selain memproduksi gas bumi, proyek bernilai US$ 1,53 miliar atau Rp 22,9 triliun itu juga menghasilkan produk turunan H2SO4 atau asam sulfat yang merupakan salah satu produk utama industri kimia.

Kendati demikian, produksi asam sulfat dihentikan sementara akibat terjadi kendala pada unit acid gas enrichment. "Jadi saat ini disetop. Oleh karena itu, saat ini pemulihan sedang dilakukan," ujar Wahju.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...