Harga Minyak Bangkit Didorong Meredanya Risiko Gagal Bayar Utang AS

Happy Fajrian
29 Mei 2023, 15:43
harga minyak
SKK Migas
SKK Migas - KKKS Bumi Siak Pusako menggelar syukuran atas selesainya pengeboran sumur eksplorasi Nuri-1X yang berada di Dusun Plambayan, Provinsi Riau (29/12/2022).

Harga minyak bangkit pada perdagangan awal pekan ini, Senin (29/5), seiring meredanya risiko gagal bayar utang Amerika Serikat (AS). Pemerintahan Joe Biden dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan senat dan DPR untuk menaikkan plafon utang.

Harga minyak berjangka Brent naik 42 sen atau 0,54% ke US$ 77,40 per barel dibandingkan posisi akhir pekan lalu di US$ 76,98. Sementara minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) naik 48 sen atau 0,66% ke US$ 73,15. Perdagangan hari ini diperkirakan akan lebih tenang karena bertepatan dengan hari libur di Inggris dan AS.

Presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy pada akhir pekan membuat kesepakatan untuk menangguhkan kenaikan plafon utang sebesar US$ 31,4 triliun dan membatasi pengeluaran pemerintah untuk dua tahun ke depan.

Kedua pemimpin menyatakan keyakinannya bahwa anggota partai Demokrat dan Republik akan memberikan suara untuk mendukung kesepakatan tersebut. Mencapai kesepakatan dan semakin dekat untuk menghindari gagal bayar utang AS memperbaharui selera investor untuk aset berisiko seperti komoditas.

Analis mengatakan kesepakatan sementara telah mengambil tekanan dari pasar, menawarkan reli bantuan dalam aset berisiko, termasuk minyak mentah.

“Kita bisa melihat lebih banyak keuntungan karena reli bantuan berlangsung di pasar keuangan yang lebih luas ketika AS kembali dari akhir pekan Hari Peringatan yang panjang,” kata Vandana Hari, pendiri penyedia analisis pasar minyak Vanda Insights, seperti dikutip Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...