Usai Pangkas Produksi, Arab Saudi Kerek Harga Minyak Untuk Pasar Asia

Happy Fajrian
7 Juli 2023, 13:13
harga minyak, arab saudi, saudi aramco
Zukiman Mohamad/Pexels
Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai.

Eksportir minyak utama dunia, Arab Saudi, telah menaikkan harga sebagian besar minyak mentahnya untuk pembeli di Asia pada bulan Agustus, usai pengumuman perpanjangan pengurangan produksi tambahan di atas kesepakatan OPEC+.

“Saudi Aramco menaikkan harga jual resmi (official selling prices/OSP) untuk minyak Arab Light pemuatan Agustus ke Asia sebesar US$ 0,20 per barel dari posisi Juli menjadi US$ 3,20 per barel di atas harga acuan Oman/Dubai,” kata raksasa migas Arab Saudi, seperti dikutip Reuters, Jumat (7/7).

Kenaikan harga sebagian besar telah diantisipasi pasar, meskipun beberapa perusahaan penyulingan di Asia yang memperkirakan Arab Saudi akan memotong harga sekitar US$ 0,50 seiringburuknya margin penyulingan da persaingan dengan minyak mentah dari wilayah lain.

Arab Saudi pada hari Senin (3/7) mengumumkan akan memperpanjang masa pemotongan produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) hingga Agustus dan membuka potensi perpanjangan pemangkasan produksi lebih lanjut di bulan September.

Pemimpin de facto kelompok OPEC+ menaikkan OSP Juli ke Asia bulan lalu tak lama setelah secara tak terduga mengumumkan pemangkasan produksi 1 juta bph secara sukarela pada Juli.

Minyak Saudi yang lebih mahal akan semakin membebani margin penyulingan yang tipis di Asia dan mendorong penyuling untuk mencari alternatif dari pemasok Timur Tengah lainnya atau dari kawasan seperti AS dan Afrika Barat, mengingat selisih antara minyak Brent dan Dubai mengecil.

Arab Light sejauh ini terbukti menjadi kelas yang paling tidak kompetitif untuk penyulingan Asia, menurut laporan dari Renaissance Energy Advisors yang diterbitkan pada hari Selasa, mengacu pada margin penyulingan di Singapura.

Arab Saudi mempertahankan harga minyak mentah Extra Light ke Asia tidak berubah pada Agustus di US$ 2,55 per barel di atas harga acuan Oman/Dubai, tetapi menaikkan OSP untuk Arab Medium dan Arab Heavy sebesar US$ 0,20, mencerminkan margin penyulingan yang lebih kuat untuk bahan bakar minyak.

Untuk wilayah lain, Aramco menaikkan OSP Arab Light Agustus ke Eropa barat laut sebesar US$ 0.80 menjadi US$ 3,80 per barel di atas harga ICE Brent. Sementara itu, OSP untuk pasar Amerika Serikat juga dinaikkan sebesar US$ 0,10 sen pada Agustus dari bulan sebelumnya di US$ 7,25 versus ASCI.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...