Menang Lelang, Pertagas Jadi Operator Gas Pipa Proyek Cisem Tahap I

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Agustus 2023, 17:04
pertagas, proyek cisem
Pertamina
Pertamina Gas atau Pertagas resmi menjadi operator gas pipa proyek Cisem tahap I ruas Semarang-Batang.

Kementerian ESDM menetapkan PT Pertagas sebagai operator atau transporter gas pipa transmisi Cirebon-Semarang alias proyek Cisem tahap I yang mencakup ruas Semarang - Batang.

Penunjukan Pertagas sebagai operator pipa gas Cisem I merupakan hasil keputusan pemenang lelang yang telah dilaksanakan sebelumnya. Lelang itu diikuti oleh empat badan usaha yang seluruhnya adalah anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Dalam menjalankan fungsi sebagai operator, Pertagas bakal menjadi mitra Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi atau Lemigas dalam menjalankan penyaluran gas bumi pada pipa transmisi Cisem tahap I.

Model kolaborasi tersebut nantinya akan mengatur kepemilikan aset yang berada di bawah tanggung jawab pemerintah, sehingga beban depresiasi tidak ditanggung oleh badan usaha terpilih.

“Untuk pengelolaan pipa Cisem tahap I, telah ditetapkan Pertagas yang menjadi mitra kerja sama pemanfaatan aset tersebut,” kata Kepala Lemigas, Ariana Soemanto kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Rabu (9/8).

Meski begitu, Ari belum memberi rincian informasi terkait durasi kontrak dan besaran toll fee atau tarif penyaluran gas bumi pada proyek Cisem tahap pertama. “Terkait toll fee dan komersialisasi nanti akan kami infokan,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...