19.430 Rumah Tangga di Jabar akan Terima BPBL Tahun Ini

Shabrina Paramacitra
15 Agustus 2023, 15:07
Ribuan penerima BPBL di Jabar siap menerima aliran listrik mandiri tahun ini.
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menginisiasi Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Program ini digelar untuk meningkatkan pasokan listrik demi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Dalam hal ini, pemerintah membantu masyarakat yang kesulitan mendapat akses listrik secara legal. Program ini telah melayani rumah tangga yang belum memiliki aliran listrik sejak tahun 2022. Tahun lalu, Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM merealisasikan penyaluran BPBL kepada 80.183 rumah tangga. Capaian ini melebihi target penyaluran 80.000 rumah tangga.

Khusus tahun 2023, terdapat 125.000 rumah tangga penerima BPBL yang tersebar di 34 provinsi. Jawa Barat (Jabar) adalah salah satu wilayah dengan ribuan penerima BPBL. Tahun lalu, ada 14.307 rumah tangga yang menerima BPBL di provinsi tersebut. Tahun ini, akan ada 19.430 rumah tangga yang menerima BPBL di Jabar.

Pada Rabu (15/3), peresmian BPBL digelar di Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengibaratkan keberadaan listrik di satu rumah seperti keadaan siang dan malam.

“Begitu rumah itu sudah ada aliran listriknya, maka berubah total. Dari mulai semangat, psikologis berubah. Perekenomian akan berubah karena adanya siang yang terang tersebut,” ujar Eddy dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (15/8).

Salah seorang penerima Program BPBL, Khoerudin, mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diterima. “Saya tiga tahun (menyambung listrik) pakai punya kakak saya. Sekarang punya sendiri jadi lebih enak, lebih leluasa ngaturnya,” kata dia.

Saat acara serupa diselenggarakan di Desa Cimanggu, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka pada Senin (22/5), Anggota Komisi VII DPR Nurhasan Zaidi menyampaikan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia harus didukung dengan tersedianya akses listrik.

“Dimajukan dengan listrik agar terang. Program BPBL luar biasa. Saya yakin Majalengka maju, tapi perlu proses,” tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...