Pertamina Jajaki Kerja Sama Bidang Energi dengan Tanzania, Apa Saja?

Lavinda
Oleh Lavinda
23 Agustus 2023, 12:57
Pertamina
Dok pertamina
Pertamina

PT Pertamina (Persero) dan perusahaan energi milik negara Tanzania, yakni Tanzania Petroleum Development Company (TPDC), sepakat bekerja sama dalam meningkatkan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh rantai nilai minyak mentah.

  • Kerja sama diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Managing Director TPDC Mussa Makame di Tanzania. Acara ini dilakukan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Tanzania Samia Suluhu.

Dalam kunjungan resminya ke Tanzania, Jokowi mengatakan ingin meningkatkan nilai investasi di Tanzania dalam bidang energi melalui Pertamina.

"Indonesia ingin tingkatkan investasi di Tanzania, termasuk dalam pengelolaan Blok Gas Mnazi Bay oleh BUMN Indonesia dan pengolahan gas alam menjadi bahan kimia dan pupuk," ujar Jokowi dalam keterangan pers bersama Presiden Tanzania Samia Suluhu di Dar Es Salaam, Selasa (22/8).

Nota kesepahaman antara Pertamina dan TPDC menandai dimulainya kerja sama kedua perusahaan di bidang migas, termasuk eksplorasi dan produksi serta pipanisasi minyak dan gas atau migas di Tanzania.

“Kerja sama strategis di bidang energi antara TPDC dan Pertamina merupakan langkah awal untuk meningkatkan hubungan antara Tanzania dan Indonesia, mengingat TPDC dan Pertamina adalah BUMN yang sepenuhnya dimiliki oleh masing-masing pemerintah,” ujar Nicke.

Nicke menjelaskan, kedua BUMN sepakat bekerja sama di sektor hulu dan hilir migas, termasuk peluang investasi hilir pada stasiun CNG dan pasokan Mini LNG.

Selain itu, peningkatan kapasitas bagi karyawan TPDC untuk mendapatkan pelatihan atau pendidikan di Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...