Tiga Strategi Kunci Pertamina Lubricant Perluas Pangsa Pasar di Afrika
PT Pertamina Lubricants, anak usaha bidang komersial dan perdagangan Grup Pertamina, berambisi meningkatkan pangsa pasar di Benua Afrika dengan tiga strategi kunci.
VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli menjelaskan ketiga strategi yang dimaksud antara lain: Pertama, mengembangkan kemitraan strategis dengan beberapa jaringan toko suku cadang yang memiliki ratusan cabang di seluruh wilayah Afrika.
Kedua, membangun jaringan bengkel saluran pribadi Pertamina Lubricant. Ketiga, melakukan aktivitas pemberian sponsor ke beberapa acara terkait produk Pertamina Lubricant.
"Kami melakukan sponsorship ke berbagai acara motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi area balap motocross, karting, drag race dan truck race,” ujar Syafaat dalam keterangan tertulis, Jumat (8/9).
Berdasarkan laporan Mordor Intelligence, potensi pertumbuhan industri oli di Afrika masih tinggi dan diprediksikan akan meningkat 4% atau naik menjadi 1.24 miliar liter pada tahun 2026.
Untuk itu, Syafaat menjelaskan strategi untuk masuk ke pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar regional. Salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.
Menurut dia, Grup Pertamina telah mewujudkan semangat kerja sama antara Asia dan Afrika dengan menjalankan misi pemerintah untuk memperkuat hubungan antara kedua negara. Pertamina memberikan peluang kerja sama yang saling menguntungkan, dan Afrika memiliki peluang bisnis yang cocok serta dibutuhkan oleh Pertamina.
Pertamina meneruskan misi go-internasional ini dengan membawa produk-produk oli miliknya yakni, Pertamina Fastron, Enduro, Meditran hingga Mesran di Afrika Selatan sejak 2014.
Syafaat menambahkan, Pertamina Lubricants telah mengembangkan bisnis di 14 negara di dunia, di antaranya: Australia, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Jepang, dan Myanmar.
Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga yang bergerak dalam bidang produksi, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, penyaluran, dan pemasaran pelumas, grease, specialities product dan base oil serta bahan bakunya.
Pertamina Lubricant juga mengoperasikan tiga unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta satu unit produksi di Thailand dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun.