Cina Temukan Cadangan Gas Jumbo Baru hingga 100 Miliar Meter Kubik

Happy Fajrian
25 Oktober 2023, 14:55
cina, cadangan gas, cadangan migas,
Medco Energi
Ilustrasi lokasi pengeboran minyak dan gas.

Raksasa migas Cina, China National Offshore Oil Corporation (CNOOC), mengumumkan temuan lapangan gas baru dengan cadangan geologi terbukti mencapai lebih dari 100 miliar meter kubik (bcm) cadangan gas alam.

Penemuan ini berupa ladang gas metana lapisan batu bara dalam pertama di negara tersebut dari sumur Shenfu yang berlokasi di Shaanxi, Yulin, di utara Cina. Lapisan batu bara berada pada kedalaman sekitar 2.000 meter.

Media Cina, The Standard, melaporkan bahwa uji produksi menunjukkan sumur tersebut menghasilkan 19.000 meter kubik gas per hari. Penemuan ini juga merupakan penemuan cadangan gas terbesar kedua oleh CNOOC yang berencana mengebor lebih dari 100 sumur di lapangan tersebut.

Sebelumnya pada Maret CNOOC melaporkan temuan ladang minyak di Laut Bohai di pesisir utara Cina, yang diperkirakan memiliki cadangan 100 juta ton light crude.

“Ladang minyak Bozhong 26-6 merupakan penemuan ladang minyak ketiga dengan cadangan [100 juta ton] di Laut Bohai bagian selatan setelah Kenli 6-1 dan Kenli 10-2,” kata wakil kepala insinyur eksplorasi CNOOC, Xu Changgui, seperti dikutip Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...