Produksi Naik 150%, HCML jadi Produsen Gas Terbesar di Jawa Timur

Happy Fajrian
27 November 2023, 17:06
hcml, produksi gas, jawa timur
KATADATA/
Ilustrasi.

Kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) mengukuhkan diri sebagai produsen gas terbesar di Jawa Timur seiring peningkatan produksi hingga lebih dari 150%. HCML merupakan operator dari Wilayah Kerja (WK) Madura Strait.

VP Operation HCML Perkasa Sinagabariang mengatakan bahwa produksi gas tahun ini naik menjadi 280 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) naik 154,5% dibandingkan 110 MMSCFD pada tahun sebelumnya. Ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Produksi dari tiga lapangan HCML, yakni lapangan BD, 2M (MDA-MBH), dan MAC. HCML menjadi produsen gas terbesar, secara persentase produksinya mencapai 30% dari total produksi gas di wilayah Jawa Timur,” ujarnya di Gas Metering Station (GMS) Lapangan BD di Pasuruan, Jawa Timur, Senin (27/11).

Dia menambahkan bahwa capaian tersebut diraih di tengah pandemi Covid-19 di mana banyak KKKS yang mengalami kendala produksi. “Itu dikerjakan pada saat Covid-19, pada saat KKKS lain tiarap, kami bisa lari cepat,” ujarnya.

HCML saat ini memiliki 3 lapangan utama yang telah berproduksi, yaitu Lapangan BD, Lapangan 2M, dan Lapangan MAC. Produksi Lapangan BD didukung oleh 3 fasilitas utama yaitu Anjungan Sumur Lepas Pantai (offshore Wellhead Platform/WHP), GMS di Pasuruan, dan fasilitas Produksi Terapung, Penyimpanan, dan Pembongkaran (Floating Production, Storage, and Offloading/FPSO).

Lapangan BD adalah satu-satunya lapangan HCML yang memiliki kandungan H2S dan juga condensate, sehingga membutuhkan pengolahan yang cukup kompleks. FPSO Karapan Armada Sterling III adalah satu-satunya anjungan terapung di Indonesia yang memiliki fasilitas Sulphur Recovery Unit.

Dari FPSO, sales gas yang sudah memenuhi spesifikasi akan di alirkan ke GMS melalui pipa gas bawah laut sepanjang kurang lebih 53 Km. Total kapasitas produksi dari lapangan ini sekitar 120 MMSCFD dan 8.000 BCPD (barel kondensat per hari). Berdasarkan data per 31 Oktober 2023, saat ini lapangan BD mengirimkan sales gas sebesar 110 MMSCFD dengan 6,000 barel kondensat per hari.

Lapangan 2M (MBH dan MDA) memiliki konfigurasi dua fasilitas anjungan lepas pantai (Anjungan MBH dan MDA) dengan satu fasilitas produksi terapung (Floating Production Unit/FPU) dengan kapasitas produksi gas sebesar 127 MMSCFD dan kapasitas sales gas sebesar 120 MMSCFD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...