Kabar Program Kompor Listrik Dilanjutkan, ESDM: Belum Ada Rencana Itu

Mela Syaharani
18 Januari 2024, 15:40
kompor listrik, kementerian esdm
PEXEL
Ilustrasi kompor listrik.
Button AI Summarize

Kementerian ESDM menanggapi perihal kabar kembali berjalannya program konversi kompor listrik. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan belum ada rencana mengenai program tersebut.

“Belum terpikirkan, ini (rice cooker) saja dulu,” kata Jisman saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta pada Kamis (18/1). “Kemarin kan baru ada percontohan kompor listrik induksi yang ada di Bali, itu nanti kami evaluasi dulu”.

Jisman mengatakan dalam uji coba kompor listrik induksi sebelumnya terdapat kendala. “Kemarin itu ada kendala, alat masaknya sendiri kan harus khusus. Tidak sembarangan.,” ucap Jisman.

Menurutnya jika program ini terlaksana maka tidak akan ada insentif yang diberikan. “Kami mengimbau saja, tidak perlu diberikan insentif jika sudah golongan menengah ke atas Kesadaran saja gitu, mungkin dengan menggunakan kompor induksi itu dia kan lebih bersih, lebih cepat dan praktis,” ujarnya.

Kabar dilanjutkannya program konversi kompor listrik namun dengan sasaran baru yakni masyarakat mampu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...