PGN Teken MOU untuk Serap Pasokan LNG dari Proyek Bunyu Blok Nunukan

Happy Fajrian
24 Januari 2024, 14:49
lng, pgn, blok nunukan
ANTARA FOTO/Rahmad/foc.
Button AI Summarize

PT PGN Tbk selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), menandatangani nota kesepahaman (MoU) pasokan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) dari dalam negeri, melalui PT Karya Mineral Jaya (KMJ) dengan sumber produksinya dari Proyek LNG Bunyu, Blok Nunukan.

MOU yang ditandatangani di Jakarta, Selasa (23/1/2024) tersebut dilakukan Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari dan Iriawan Yulianto selaku President Director KMJ.

Rosa mengatakan PGN membutuhkan pasokan gas bumi yang andal dari para pemasok di Indonesia untuk disalurkan melalui jaringan pipa gas transmisi dan distribusi perusahaan.

“Proyeksi gas balance domestik Indonesia terbaru menunjukkan penurunan produksi gas bumi sejak 2024. Kondisi tersebut, membuat PGN membutuhkan pasokan LNG domestik, salah satunya dari Blok Nunukan melalui Proyek LNG Bunyu,” ujarnya di Jakarta, Rabu (24/1).

Rosa menambahkan pada tahun mendatang PGN memperkirakan volume LNG akan semakin besar dalam bauran pasokan gas. Hal itu seiring dengan dinamika volume pasok gas pipa yang mengalami natural decline dari beberapa produsen.

Produksi LNG KMJ diperkirakan mengalir mulai 2028 dengan rencana kapasitas sebesar 60 MMSCFD. PGN akan menjadi salah satu pembeli potensial yang berminat membeli volume produksi LNG tersebut.

Menurut Rosa, PGN dan KMJ juga sepakat melihat peluang kerja sama lain dalam hal partisipasi penyertaan pembangunan proyek infrastruktur LNG.

Hal itu mengingat selain kebutuhan, juga pengalaman PGN yang luas di industri gas bumi akan memberikan dampak yang positif dalam implementasi proyek tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...