Kathleen Quirk Gantikan Richard Adkerson Sebagai CEO Freeport McMoran

Mela Syaharani
7 Februari 2024, 14:27
freeport, ceo
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.
Button AI Summarize

Freeport McMoran Inc (FCX) mengumumkan pergantian pemimpin dengan mengangkat Kathleen L. Quirk sebagai Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) pada Selasa (6/2). Kathleen secara resmi akan mulai menjabat sebagai Presiden Freeport pada rapat umum pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024.

Kathleen akan bertanggung jawab penuh atas manajemen eksekutif bisnis yang melapor kepada kepada dewan direksi. Sementara Richard C. Adkerson akan tetap menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi, mendukung transisi kepemimpinan dan bisnis Freeport pada hal-hal strategis yang penting bagi perusahaan.

Direktur Independen Utama Freeport-McMoran Dusty McCoy mengatakan selama beberapa waktu terakhir dewan direksi telah terlibat dalam proses untuk mengidentifikasi pengganti Adkerson.

“Kathleen telah mendapatkan rasa hormat dari dewan, organisasi-organisasi Freeport hingga para pemangku kepentingan eksternal melalui rekam jejak serta kepemimpinannya yang telah terbukti dan misinya untuk menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan,” kata McCoy dalam siaran pers, dikutip Rabu (7/2).

McCoy menambahkan, selama 35 tahun Kathleen berkarir di perusahaan, dia memiliki pengetahuan yang luas mengenai bisnis dan operasi Freeport, karyawan, dan budaya perusahaan. “Kathleen memiliki kualifikasi yang tinggi untuk memimpin Freeport sebagai CEO,” ujarnya.

Selain memuji Kathleen, McCoy juga berterima kasih atas kepemimpinan Richard selama menduduki jabatan CEO Freeport McMoran. “Terima kasih atas kepemimpinannya yang luar biasa sebagai CEO dan atas visi serta eksekusinya dalam memposisikan perusahaan kami secara positif untuk masa depan,” ucapnya.

McCoy menyampaikan selama 20 tahun masa jabatannya sebagai CEO, Richard telah menjadikan Freeport sebagai pemimpin global dalam industri tembaga. Kemudian memberikan nilai bagi para pemangku kepentingan serta membangun organisasi yang kuat dan budaya berkinerja tinggi.

“Richard memiliki komitmen berkelanjutan untuk mendukung perusahaan dalam hal-hal global yang penting secara strategis bagi Freeport dan industri tembaga secara luas akan terus memberikan nilai yang signifikan,” kata dia.

Sebagai informasi, Kathleen bergabung dengan Freeport pada 1989 dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi perusahaan. Mulai dari pajak, hubungan investor, pengembangan korporasi dan perbendaharaan. Kathleen kemudian diangkat sebagai chief financial officer pada 2003.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...