Profil Kathleen Quirk, CEO Freeport McMoran yang Baru

Mela Syaharani
12 Februari 2024, 11:05
Kathleen L. Quirk, CEOFreeport McMoran, Freeport McMoran
Screenshoot Situs Freeport-McMoRan Inc
Kathleen L. Quirk menggantikan posisi Richard C. Adkerson yang menjabat sebagai CEO selama dua dekade.
Button AI Summarize

Freeport McMoran Inc mengumumkan Chief Executive Officer atau CEO baru mereka, Kathleen L. Quirk pada Selasa (6/2). Kathleen menggantikan posisi Richard C. Adkerson yang menjabat sebagai CEO selama dua dekade. 

Kathleen secara resmi akan mulai menjabat sebagai CEO Freeport dalam rapat umum pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024. Ia akan bertanggung jawab penuh atas manajemen eksekutif bisnis yang melapor kepada kepada dewan direksi.

Sementara itu, Richard C. Adkerson akan tetap menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi, mendukung transisi kepemimpinan dan bisnis Freeport pada hal-hal strategis yang penting bagi perusahaan.

Profil Kathleen

Melansir laman resmi Freeport, Kathleen sudah bergabung dengan Freeport sejak 1989. Ia bertanggung jawab atas berbagai fungsi korporasi, termasuk pajak, hubungan investor, pengembangan korporasi, dan perbendaharaan.

Setelah 14 tahun bekerja di Freeport, Kathleen akhirnya diangkat sebagai Chief Financial Officer atau CFPpada 2003. Selama periode tersebut, ia sempat dinobatkan sebagai CFO Terbaik di bidang Logam dan Pertambangan oleh majalah Institutional Investor dalam berbagai kesempatan. 

Sebagai anggota senior tim eksekutif perusahaan selama lebih dari 20 tahun, beliau berperan penting dalam perencanaan strategis Freeport dan pelaksanaan tujuan perusahaan. 

Saat ini, lulusan  Louisiana State University ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Direksi di Vulcan Materials Company.

Melansir Marketscreener, Kathleen juga pernah mengemban tugas sebagai Bendahara & Wakil Presiden di Freeport-McMoRan Energy LLC atau anak perusahaan dari Freeport-McMoRan, Inc.

Disaat yang sama, Kathleen juga menjadi anggota dewan di Vulcan Materials Co, Atlantic Copper SA dan Kisanfu Holdings Ltd. Dalam karir sebelumnya, Kathleen menjabat sebagai Bendahara & Wakil Presiden Senior di McMoRan Exploration Co. Kathleen L. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...