Profil Kathleen Quirk, CEO Freeport McMoran yang Baru

Mela Syaharani
12 Februari 2024, 11:05
Kathleen L. Quirk, CEOFreeport McMoran, Freeport McMoran
Screenshoot Situs Freeport-McMoRan Inc
Kathleen L. Quirk menggantikan posisi Richard C. Adkerson yang menjabat sebagai CEO selama dua dekade.
Button AI Summarize

Freeport McMoran Inc mengumumkan Chief Executive Officer atau CEO baru mereka, Kathleen L. Quirk pada Selasa (6/2). Kathleen menggantikan posisi Richard C. Adkerson yang menjabat sebagai CEO selama dua dekade. 

Kathleen secara resmi akan mulai menjabat sebagai CEO Freeport dalam rapat umum pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024. Ia akan bertanggung jawab penuh atas manajemen eksekutif bisnis yang melapor kepada kepada dewan direksi.

Sementara itu, Richard C. Adkerson akan tetap menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi, mendukung transisi kepemimpinan dan bisnis Freeport pada hal-hal strategis yang penting bagi perusahaan.

Profil Kathleen

Melansir laman resmi Freeport, Kathleen sudah bergabung dengan Freeport sejak 1989. Ia bertanggung jawab atas berbagai fungsi korporasi, termasuk pajak, hubungan investor, pengembangan korporasi, dan perbendaharaan.

Setelah 14 tahun bekerja di Freeport, Kathleen akhirnya diangkat sebagai Chief Financial Officer atau CFPpada 2003. Selama periode tersebut, ia sempat dinobatkan sebagai CFO Terbaik di bidang Logam dan Pertambangan oleh majalah Institutional Investor dalam berbagai kesempatan. 

Sebagai anggota senior tim eksekutif perusahaan selama lebih dari 20 tahun, beliau berperan penting dalam perencanaan strategis Freeport dan pelaksanaan tujuan perusahaan. 

Saat ini, lulusan  Louisiana State University ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Direksi di Vulcan Materials Company.

Melansir Marketscreener, Kathleen juga pernah mengemban tugas sebagai Bendahara & Wakil Presiden di Freeport-McMoRan Energy LLC atau anak perusahaan dari Freeport-McMoRan, Inc.

Disaat yang sama, Kathleen juga menjadi anggota dewan di Vulcan Materials Co, Atlantic Copper SA dan Kisanfu Holdings Ltd. Dalam karir sebelumnya, Kathleen menjabat sebagai Bendahara & Wakil Presiden Senior di McMoRan Exploration Co. Kathleen L. 

Ia juga menjabat sebagai Direktur Independen di Vulcan Materials Company sejak 16 Oktober 2017, Komisaris PT Freeport Indonesia di Freeport-McMoRan Inc sejak April 2000, dan direktut  Atlantic Copper. 

Menurut laman wallmine, perkiraan kekayaan bersih Kathleen L Quirk per 1 Februari 2024 adalah sekitar US$ 84,6 juta. Kathleen memiliki lebih dari 220.000 unit saham Freeport-McMoRan Inc senilai lebih dari US$ 78.270.919. Selain itu, ia menghasilkan US$ 6.305.640 sebagai Chief Financial Officer dan Executive Vice President di Freeport-McMoRan Inc.

Tidak hanya itu, menurut Formulir 4 yang diisi dengan SEC, Kathleen telah melakukan lebih dari 12 kali perdagangan saham Freeport-McMoRan Inc sejak 2005. Terakhir, ia bertransaksi 220.000 unit saham FCX senilai US$ 6.806.800 pada 1 Februari 2024.

Perdagangan terbesar yang pernah ia lakukan adalah mengeksekusi 705.000 unit saham Freeport-McMoRan Inc pada 4 Desember 2020 senilai lebih dari US$ 3.066.750. Rata-rata, Kathleen memperdagangkan sekitar 23.680 unit setiap 84 hari sejak 2004. Pada 1 Februari 2024, ia masih memiliki setidaknya 2.095.046 unit saham Freeport-McMoRan Inc.

Respons Kathleen

Sebagai anggota senior tim eksekutif perusahaan selama lebih dari 20 tahun, Kathleen berperan penting dalam perencanaan strategis Freeport dan pelaksanaan tujuan perusahaan. “Saya sangat senang bisa memimpin perusahaan yang hebat ini,” kata Kathleen.

Kathleen menyebut Freeport memiliki tim yang luar biasa, tim global yang berbakat yang berkomitmen pada misi Freeport untuk menyediakan tembaga dan logam lain yang penting bagi kehidupan masyarakat, serta ekonomi global dengan cara yang bertanggung jawab dan efisien. 

“Saya berharap dapat terus meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan kami melalui perencanaan yang kuat, mengejar inovasi dan teknologi baru,” ujarnya.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan mengembangkan bisnis Freeport melalui pengembangan sumber daya yang besar untuk melayani pasar yang semakin luas dengan produk-produk Freeport.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...