PGN Jajaki Bisnis Internasional, Kirim 7 Kargo LNG ke Cina

Mela Syaharani
13 Februari 2024, 10:10
pgn, pgas, lng, cina
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi kapal tanker LNG.
Button AI Summarize

PT PGN Tbk melakukan perluasan bisnis jual beli LNG di Trading Internasional dengan tujuan Cina pada Jumat (9/2). Pengiriman pertama LNG kargo Internasional ini berasal dari pasokan Petronas - Bintulu yang dikirim ke CNTIC - Cina dengan total pengiriman LNG sebesar 7 kargo atau setara 64 BBTUD.

Direktur Utama PGN, Arief S. Handoko mengatakan manuver ini menjadi realisasi ekspansi bisnis global dan diversifikasi bisnis PGN untuk masuk ke dalam bisnis LNG Internasional.

“LNG penting bagi rantai supply yang dimiliki PGN dan diharapkan menjadi penggerak revenue dari bisnis LNG internasional pada 2024,” kata Arief dalam siaran pers yang dikutip pada Selasa (13/2).

Arief menjelaskan bahwa bisnis LNG Internasional tujuan Cina ini telah dijajaki sejak 2020-2021 bersama pemasok dan pembeli, hingga akhirnya mencapai kesepakatan bersama untuk realisasi pengiriman LNG tahun ini.

Dalam prosesnya, PGN pun berkomunikasi secara intensif baik dengan pemasok LNG serta pembeli potensial. Di samping itu, market intelligence juga dilakukan untuk pemasaran dan penetrasi LNG baik skala regional maupun global.

Kerjasama ini memberikan keuntungan bagi PGN sebagai tonggak penting dalam bisnis LNG global, sehingga menimbulkan awareness dan kehadiran dari PGN kepada para pemain LNG skala global. Selain itu, PGN menambah jejaring untuk menjalin hubungan baik dengan pemain international.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...