Pasar Khawatirkan Pertumbuhan Ekonomi Cina, Harga Minyak Turun 1%

Happy Fajrian
6 Maret 2024, 10:05
harga minyak
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).
Button AI Summarize

Harga minyak turun hampir 1% pada Selasa (5/3), tertekan oleh skeptisisme pasar seputar Cina dalam mencapai target pertumbuhan ekonominya, dan menurunnya selera risiko investor meskipun mendapat dukungan dari melemahnya dolar Amerika Serikat (AS).

Minyak mentah berjangka Brent ditutup 76 sen, atau 0,9%, lebih rendah pada US$ 82,04 per barel, penurunan keempat berturut-turut. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 59 sen, atau 0,8%, menjadi US$ 78,15 per barel.

Cina, importir minyak terbesar di dunia, menetapkan target pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 sekitar 5%. Meskipun target tersebut sama dengan target tahun lalu dan sejalan dengan ekspektasi para analis, kurangnya rencana stimulus besar-besaran untuk menopang perekonomian negara yang sedang berjuang mengecewakan para investor dan membebani harga.

“Target pertumbuhannya baik-baik saja, namun yang hilang adalah bagaimana mereka ingin mencapainya – stimulus seperti apa yang masih belum jelas untuk saat ini,” kata analis UBS, Giovanni Staunovo seperti dikutip dari Reuters, Rabu (6/3).

“Sentimen penghindaran risiko di pasar keuangan yang lebih luas juga memberikan tekanan pada harga,” kata Staunovo lagi. Harga emas mencapai rekor tertinggi pada Selasa karena meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga AS pada Juni, sementara Wall Street melemah karena melemahnya saham-saham berkapitalisasi pasar jumbo.

Memberikan dukungan terhadap harga minyak, dolar AS tergelincir karena berkurangnya pertumbuhan di sektor jasa. Greenback yang lebih murah biasanya mendukung harga minyak dengan meningkatkan permintaan dari investor yang memegang mata uang lainnya.

“Di luar itu, pasar sebenarnya hanya menantikan berita utama berikutnya, dengan fokus pada laporan penyimpanan mendatang,” kata analis Mizuho Robert Yawger.

Laporan pertama dari dua laporan persediaan AS minggu ini, dari kelompok industri American Petroleum Institute, menunjukkan stok minyak mentah AS naik 423,00 barel dalam pekan yang berakhir 1 Maret, jauh lebih kecil dari kenaikan 2,1 juta barel yang diperkirakan oleh perkiraan.

Data resmi dari Administrasi Informasi Energi AS akan dirilis pada hari Rabu pukul 10:30 ET (1530 GMT). Jika EIA melaporkan adanya peningkatan penyimpanan minyak mentah, maka ini akan menjadi minggu keenam berturut-turut peningkatan stok minyak di negara tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...