Mengenal Tiga Kartini Sektor Tambang Orica

Hari Widowati
21 April 2024, 20:26
Ilustrasi Kartini Tambang
Dok. Orica
Tiga "Kartini Tambang" yang bekerja untuk Orica, perusahaan solusi pertambangan dan jasa infrastruktur. Dari kiri ke kanan: Hani, Commercial Analyst Orica; Ayu Kencana, Vice President of HR for the Asia Region; dan Velisia Gunawan, Vice President Finance for the Asia Region.
Button AI Summarize

Orica, perusahaan penyedia layanan solusi pertambangan dan infrastruktur yang tercatat di Bursa Australia, mendukung peran perempuan dalam membentuk lansekap dan inovasi di industri pertambangan Indonesia. Saat ini, 20% tenaga kerja perusahaan secara global adalah perempuan, meningkat dari 18,7% pada 2022.

Di level pemimpin senior, pekerja perempuan meningkat menjadi 34,8% pada 2023 dari 28,9% pada 2022. Orica memiliki banyak sosok perempuan istimewa yang memiliki jiwa kepemimpinan dan telah membuktikan ketangguhannya di industri tambang. Salah satu "Kartini Tambang" itu adalah Ayu Kencana, Vice President of HR for the Asia Region.

Ayu berperan penting dalam membangun budaya keberagaman dan inklusivitas serta membentuk karakter tenaga kerja di Orica. Ia memastikan setiap individu dapat bertumbuh dalam lingkungan yang suportif dan saling menghargai. Perspektif global menjadi bekal Ayu untuk mengelola sumber daya manusia dari seluruh Asia, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Mongolia.

"Di Orica, kami memiliki inisiatif Women in Operations yang berfokus untuk meningkatkan peran dan kapasitas perempuan," ujarnya dalam keterangan tertulis. Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan keseimbangan gender dalam operasi pertambangan, selaras dengan strategi Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusivitas Orica.

"Kami menyambut dengan hangat karyawan perempuan yang baru saja bergabung dengan tim operasional kami di Sangatta, Kalimantan Selatan," ujar Ayu, yang memiliki rekam jejak di institusi finansial multinasional selama hampir sepuluh tahun dan satu dekade di industri minyak dan gas.

Orica juga memperkenalkan Velisia Gunawan, Vice President Finance for the Asia Region, yang memimpin tim dengan latar belakang budaya yang beragam. Velisia merupakan perempuan Indonesia pertama yang menduduki jabatan manajemen regional di Asia untuk Orica.

Ia memiliki peran strategis untuk memberikan dampak positif bagi sesama perempuan, khususnya di Indonesia. Velisia ingin melihat lebih banyak perempuan Indonesia bertalenta dapat berkembang, melampaui batas, dan mencapai sukses.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...