Harga Minyak Turun, Pasar Fokus pada Prospek

Happy Fajrian
8 Mei 2024, 11:13
harga minyak
Dok. Chevron
Pengeboran minyak.
Button AI Summarize

Harga minyak turun di tengah tanda-tanda berkurangnya kekhawatiran pasokan dengan meredanya ketegangan antara Israel dan Iran. Pasar juga mengabaikan dimulainya serangan Israel ke Rafah, Palestina, dan lebih fokus pada rilis data persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) serta prospek pertumbuhan ekonomi global.

“Fokus mereka tampaknya diarahkan pada ketidakpastian seputar prospek pertumbuhan ekonomi global dan antisipasi dampak lesunya pertumbuhan terhadap permintaan minyak,” kata Ricardo Evangelista, analis senior di pialang keuangan ActivTrades, dikutip dari Reuters, Rabu (8/5).

Minyak mentah berjangka Brent ditutup di level US$ 83,16 per barel, turun 17 sen pada Selasa (7/5), sedangkan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 10 sen menjadi US$ 78,38 per barel.

Harga turun lebih lanjut pasca penyelesaian perdagangan setelah sumber pasar mengatakan bahwa data dari American Petroleum Institute menunjukkan lonjakan stok minyak mentah dan bahan bakar AS pada minggu lalu.

Meningkatnya persediaan yang biasanya merupakan tanda melemahnya permintaan telah melampaui ekspektasi para analis dalam beberapa pekan terakhir. Analis memperkirakan penurunan stok minyak dan bahan bakar AS.

Koreksi harga minyak pun berlanjut pada perdagangan pagi ini di Asia, Rabu (8/5). Brent bergerak di level US$ 82,91 per barel, sedangkan WTI di US$ 78,18 per barel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...