Luhut: Tak Ada Perubahan Harga Pertalite untuk Motor

Ameidyo Daud Nasution
25 Juli 2024, 18:47
luhut, bbm, motor
Biro Komunikasi Kemenko Marves
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka Rapat Koordinasi Komite Nasional World Water Forum ke-10 di Bali, Laguna Resort and Spa, Kamis (16 Mei 2024).
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tak ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dalam waktu dekat.

"Tidak akan ada perubahan mengenai harga Pertalite kepada 130 juta sepeda motor," kata Luhut di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (25/7).

Luhut mengatakan hal yang tengah dikaji pemerintah adalah meningkatkan kualitas BBM. Ia juga memberikan sinyal kenaikan kualitas akan dilakukan secara bertahap.

"Kami tidak tahu kapan periodenya. Lagi dihitung betul-betul. Kami juga tidak mau mengganggu ekonomi yang cukup bagus," katanya.

Antrian di SPBU Pertamina
Antrian di SPBU Pertamina (Katadata)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan tidak akan memberlakukan pembatasan distribusi bahan bakar minyak (BBM) mulai 17 Agustus mendatang. Dia mengatakan pemerintah belum pernah membicarakan wacana itu di forum rapat resmi kabinet.

"Tidak ada. Belum ada pemikiran ke sana. Belum rapat juga," kata Jokowi saat menggelar konferensi pers di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Selasa (16/7).

Wacana mengenai pengetatan penyaluran BBM bersubsidi pada saat HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia itu berawal dari pernyataan Luhut. Dia mengatakan tujuan rencana itu untuk mengurangi penyaluran subsidi BBM yang tidak tepat sasaran.

“Kami berharap 17 Agustus ini, kami sudah bisa mulai, di mana orang yang tidak berhak dapat subsidi itu akan bisa kami kurangi,” ujar Luhut melalui akun Instagramnya, Selasa (9/7).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...