TotalEnergies-RGE Siap Pasok 1 Gigawatt Tenaga Surya dari Indonesia ke Singapura

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
5 September 2024, 18:46
Puah Kok Keong, Chief Executive, Singapore Energy Market Authority/EMA memberikan Persetujuan Bersyarat (Conditional Approval/CA) kepada William Goh, Global Head of Renewable Energy RGE dan Olivier Jouny, Senior Vice President Renewables TotalEnergies, un
Istimewa
Puah Kok Keong, Chief Executive, Singapore Energy Market Authority/EMA memberikan Persetujuan Bersyarat (Conditional Approval/CA) kepada William Goh, Global Head of Renewable Energy RGE dan Olivier Jouny, Senior Vice President Renewables TotalEnergies, untuk memasok 1,0 Gigawatt Tenaga Surya dari Indonesia ke Singapura. \Pemberian CA ini turut disaksikan oleh Kwok Fook Seng, Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi di Kemenko Marit
Button AI Summarize

Energy Market Authority (EMA) Singapura telah memberikan Persetujuan Bersyarat (Conditional Approval/CA) kepada TotalEnergies dan RGE untuk memasok 1,0 gigawatt (GW) tenaga surya Photovoltaic (PV) dari Indonesia ke Singapura melalui perusahaan patungannya, Singa Renewables Pte Ltd (Singa).

Persetujuan Bersyarat tersebut diumumkan oleh Dr. Tan See Leng, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kedua Perdagangan dan Industri Singapura dalam Indonesia International Sustainability Forum 2024 di Jakarta, 5 September 2024.

Adapun, persetujuan ini menandai langkah penting untuk memperkuat kerja sama energi regional dan memajukan inisiatif energi terbarukan di Asia Tenggara.

Proyek ini akan memanfaatkan tenaga surya dari Indonesia untuk menghasilkan energi bersih yang akan dipasok ke Singapura dan turut berkontribusi pada pencapaian tujuan keberlanjutan.

Selain itu, Singa juga akan memasok tenaga surya PV untuk penggunaan domestik di kompleks industri hijau di Provinsi Riau, Indonesia.

Langkah ini mendukung rencana nasional dalam meningkatkan penggunaan energi terbarukan dari 13 persen pada 2023 menjadi 31 persen pada 2050 dan mendukung transisi menuju net zero emission pada 2060.

Senior Vice President Renewables di TotalEnergies Olivier Jouny mengatakan TotalEnergies senang dapat bermitra dengan RGE dan ikut berkontribusi pada tujuan transisi energi di Singapura dan Indonesia.

Proyek ini selaras dengan strategi energi terintegrasi TotalEnergies yang bertujuan untuk menyediakan tenaga listrik yang bersih dan andal melalui kombinasi Tenaga Surya dan Sistem Penyimpanan Baterai bagi pelanggan korporat melalui skema Perjanjian Pembelian Tenaga Listrik.

Global Head of Renewable Energy William Goh menambahkan bersama dengan TotalEnergies, pihaknya menawarkan solusi yang memberikan manfaat bagi Indonesia dan Singapura dengan memasok listrik ramah lingkungan ke kedua negara demi mengurangi emisi karbon dan mencapai tujuan transisi energi bersih.

"Proyek ini turut mendorong pertumbuhan investasi, menciptakan lapangan kerja serta berkontribusi pada pengembangan rantai pasokan tenaga surya di Indonesia," kata William, dalam keterangan resmi, Kamis (5/9).

Dengan komitmen ini, TotalEnergies dan RGE akan bersinergi memanfaatkan lebih lanjut keahlian global TotalEnergies dalam proyek-proyek energi terbarukan skala besar, pengalaman panjang RGE di Indonesia dan Singapura serta kekuatan finansial kedua organisasi tersebut.

Adapun, diterimanya Persetujuan Bersyarat dari EMA, TotalEnergies dan RGE akan mempercepat pengembangan proyek ini dan bekerja untuk mencapai keberhasilan dalam penyediaan listrik ramah lingkungan di Indonesia dan Singapura.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...