Antisipasi Kekeringan, Food Station Siap Pasok Beras dari Luar Jawa

Image title
Oleh Ekarina
1 Agustus 2018, 11:44
Pasar Induk Beras Cipinang
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah calon pembeli memilih beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Senin (7/8).

Sejumlah daerah di Pulau Jawa dilaporkan mengalami kekeringan. Pelaku usaha bidang perberasan mengaku akan mulai melakukan pengamanan pasokan untuk mengantisipasi masalah kekeringan yang juga berpotensi menyebabkan gagal panen dan mengganggu ketersediaan pasokan beras di pasar.

PT Food Station Tjipinang Jaya misalnya, BUMD DKI Jakarta ini mengatakan siap mendatangkan beras dari sejumlah sentra beras di luar Jawa, untuk mengantisipasi kekurangan pasokan dari daerah yang dilanda kekeringan.

Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya saat ini memiliki sejumlah sentra atau sumber produksi beras yang bisa diandalkan untuk menambal jumlah pasokan jika produksi di Jawa mulai berkurang.

Menurutnya, daerah sumber penghasil beras itu antara lain bisa berasal dari Lampung, Serang atau Sulawesi yang memiliki periode panen raya bergiliran dengan yang ada di Jawa.

"Kami bisa mendapat pasokan dari mana saja dan ada beberapa sumber. Tapi kami berharap dampak kekeringan tidak berlangsung lama dan tak berdampak signifikan terhadap produksiberas," kata Arif kepada Katadata, Rabu (1/8).

Hingga 31 Juli 2018, stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang mencapai 40.915 ton.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...