Ekspornya Menjanjikan, Wamendag: Saatnya RI Kembangkan Gim Online

Happy Fajrian
9 Februari 2021, 20:55
gim online, ekspor
ANTARA FOTO/Rahmad
Warga bermain Game Online di Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meyakini produk gim online sebagai salah satu produk digital yang memiliki potensi besar untuk diekspor. Meskipun saat ini produksinya di Indonesia masih belum optimal dalam mendorong perekonomian.

“Kalau kita berkaca dari negara lain seperti Tiongkok, Korea Selatan, mereka memproduksi dan mengekspor gim online ke mancanegara dan memberikan banyak penghasilan untuk negara masing-masing,” ujarnya dalam webinar Research Talk 2021 “Refleksi dan Pemulihan Kinerja Perdagangan indonesia”, Selasa (9/2).

Advertisement

Namun Jerry melihat saat ini Indonesia belum bisa mengkapitalisasi produk-produk digital secara maksimal. Meski demikian belum terlambat bagi pengembang gim di tanah air untuk mulai mengembangkan gim online.

“Ini harus dimulai. Salah satu yang bisa dikembangkan adalah gim online. Kalau kita berkaca dari negara lain, potensinya luar biasa besar,” ujarnya.

Dia bercerita bahwa pada satu kesempatan sempat mengunjungi sebuah pengembang gim online di Indonesia. Dia menilai Indonesia memiliki kemungkinan besar untuk mengikuti jejak Tiongkok dan Korsel dalam industri ini, meskipun produk dapat diunduh secara gratis menggunakan gawai.

“Mungkin kita download-nya gratis. Tapi begitu kita mainkan, biasanya ada beberapa fitur di gim tersebut yang hanya bisa digunakan kalau membayar. Harganya mungkin murah, hanya sekitar Rp 10 ribu, tapi kalau yang main ada 10 juta atau 100 juta orang, jumlahnya menjadi besar,” kata dia.

Menurut Jerry, ekspor produk digital jauh lebih efisien daripada ekspor produk konvensional lainnya seperti minyak dan gas (migas) serta non migas, karena hanya membutuhkan perangkat gawai.

Laporan Newzoo Global Games Market Report, industri gim dunia menghasilkan pendapatan sekitar US$ 159,3 miliar atau sekitar Rp 2.230 triliun sepanjang 2020. Tiongkok menjadi negara dengan pendapatan gim terbesar di dunia. Selengkapnya simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement