Melirik ke Timur, Pasar Properti Kabupaten Bekasi Semakin Cemerlang

RUMAH.COM
15 Juli 2021, 18:04
PROGRES REVITALISASI TAMAN ISMAIL MARZUKI
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Meskipun banyak label yang dilekatkan pada nama Bekasi, ternyata pasar properti di wilayah paling timur Jabodetabek ini tetap berkembang. Bahkan, sektor properti di Kabupaten Bekasi sempat mengalami perkembangan signifikan di tengah pandemi Covid-19.

Grafik 1.1 Indeks Harga Properti Gabungan di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (Q1 2020
Grafik 1.1 Indeks Harga Properti Gabungan di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (Q1 2020 (Rumah.com)



Dibandingkan dengan Jakarta Timur ataupun Kota Bekasi, dua wilayah lain yang berada di Jabodetabek bagian timur, Kabupaten Bekasi cenderung mengalami situasi yang lebih aman pada masa-masa pandemi Covid-19.

Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) 2021 mencatat, indeks harga properti gabungan (rumah dan apartemen) di Kabupaten Bekasi mengalami kenaikan kuartalan atau quarter-on-quarter (QoQ) tertinggi sepanjang masa pandemi Covid-19 pada kuartal ketiga (Q3) 2020 sebesar 6,5 persen dengan penurunan terparah sebesar minus 0,9 persen pada kuartal kedua 2020. Akibatnya, secara tahunan atau year-on-year (YoY) pada kuartal pertama 2021, indeks harga properti gabungan di Kabupaten Bekasi naik sebesar 6,1 persen.

Sementara indeks harga properti gabungan di Kota Bekasi lebih fluktuatif. Terjadi kenaikan terbesar secara kuartalan pada kuartal kedua (Q2) 2020 sebanyak 7,4 persen dengan penurunan paling besar minus 2,8 persen pada Q4 2020 sehingga pertumbuhan tahunannya pada kuartal pertama (Q1) 2021 mencapai 5,8 persen.

Adapun indeks harga properti gabungan di Jakarta Timur cenderung stagnan. Peningkatan tertinggi secara kuartalan dialami pada kuartal ketiga 2020, yakni sebesar 2,5 persen tanpa pertumbuhan minus sehingga kenaikan harga secara tahunan per kuartal pertama 2021 mencapai 3,9 persen.

Grafik 1.2 Indeks Harga Rumah Tapak di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (Q1 2020-Q1 20
Grafik 1.2 Indeks Harga Rumah Tapak di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (Q1 2020-Q1 20 (Rumah.com)



Untuk indeks harga rumah tapak, berdasarkan RIPMI 2021 wilayah timur Jabodetabek juga menghadapi situasi serupa dengan indeks harga properti gabungan.

Kabupaten Bekasi menanjak dengan peningkatan secara tahunan sebesar 8,4 persen pada kuartal pertama 2021, sementara Kota Bekasi mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 6,8 persen pada kuartal yang sama, sedangkan Jakarta Timur hanya mencatat kenaikan tahunan pada kuartal pertama 2021 sebesar 4 persen.

Grafik 1.3 Indeks Harga Apartemen di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (Q1 2020-Q1 2021
Grafik 1.3 Indeks Harga Apartemen di Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (Q1 2020-Q1 2021 (Rumah.com)



Indeks harga apartemen di Kabupaten Bekasi dalam Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) 2021 juga cukup baik jika dibandingkan dengan Jakarta Timur maupun Kota Bekasi.

Secara tahunan, pada kuartal pertama (Q1) 2021 indeks harga apartemen di Kabupaten Bekasi naik sebesar 1,5 persen ketika Jakarta Timur hanya naik sebesar 0,8 persen, sementara Kota Bekasi jatuh sampai minus 3,7 persen.

Dengan begitu, Kabupaten Bekasi cenderung memiliki prospek yang lebih baik di masa pandemi Covid-19 dan setelahnya. Apalagi, konsumen properti cenderung menjauh dari pusat kegiatan yang padat di Jakarta.

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Division Bank BTN Suryanti Agustinar menyebut konsumen properti semakin senang punya rumah tapak yang jauh dari Jakarta lantaran bisa kerja dari rumah alias work from home (WFH).

Halaman:
Penulis: Padjar Iswara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...