Proyek Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Dipercepat, Ini Progressnya

Tia Dwitiani Komalasari
25 Juni 2022, 17:13
Foto udara pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Bengkulu Seksi Indralaya-Prabumulih di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (18/3/2021). Progres pembangunan Jalan Tol Palembang-Muaraenim ruas Indralaya-Prabumulih sepanj
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Foto udara pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Bengkulu Seksi Indralaya-Prabumulih di Indralaya, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (18/3/2021). Progres pembangunan Jalan Tol Palembang-Muaraenim ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,8Km tersebut sudah mencapai 30,4 persen dan ditargetkan rampung pada Semester II tahun 2022.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh. Di Provinsi Sumatera Selatan, Kementerian PUPR saat ini tengah mempercepat pembangunan tol Ruas Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalbetung) seksi 2 dan seksi 3.

Dikutip dari situs Kementerian PUPR, Santu (25/6), Seksi 2 yaitu Kramasan-Musilandas sepanjang 24,9 km. Sementara seksi 3 yaitu Musilandas – Betung sepanjang 44,3 km.

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Sabtu (25/6).

 Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, mengatakan bahwa penyelesaian seksi 2 dan 3 akan melengkapi seksi 1 (segmen Kayu Agung - Kramasan) sepanjang 37,6 km. Tol Kapalbetung seksi 1 itu telah selesai dan beroperasi.

Tol Kayu Agung - Palembang – Betung merupakan bagian dari koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan tol ini akan mengintegrasikan konektivitas kawasan, serta memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri di koridor Palembang - Jambi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...