ASDP Tambah Kapasitas Dermaga Pelabuhan Merak Jadi 55 Ribu Kendaraan

Andi M. Arief
29 Juni 2022, 14:08
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di pintu keluar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (7/5/2022). Kepadatan kendaraan pemudik arus balik dari pulau Sumatera yang terjadi di fly over pintu keluar Pelabuhan Merak tersebut menyebabkan antrean ken
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/tom.
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di pintu keluar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (7/5/2022). Kepadatan kendaraan pemudik arus balik dari pulau Sumatera yang terjadi di fly over pintu keluar Pelabuhan Merak tersebut menyebabkan antrean kendaraan sekitar 2 kilometer.

PT ASDP Indonesia Ferry akan menambah tiga dermaga Pelabuhan Merak secara bertahap. Pembangunan dermaga baru tersebut bisa meningkatkan kapasitas daya tampung dari 36.000 menjadi 55.ooo kendaraan. 

Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP, Harry Mac, mengatakan akan ada beberapa penyesuaian dan pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Merak. Langkah ini termasuk dalam rencana jangka menengah dan panjang dalam menghadapi Mudik Lebaran 2023. 

"Untuk jangka menengah dan panjang, kami mendesain bahwa dermaga (di Pelabuhan Merak) sekiranya dibutuhkan penambahan. Jadi, ada tiga lagi (dermaga yang dibutuhkan), sehingga dari kapasitasnya kalau sekarang 36.000 kendaraan meningkat menjadi 55.000 kendaraan," kata Harry dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Rabu (29/6).

Harry mencatat, total kendaraan yang menggunakan layanan ASDP pada puncak arus mudik mencapai 81.000 kendaraan. Sementara itu, total kendaraan yang dilayani pada puncak arus balik lebih dari 85.000 kendaraan. 

 Khusus di Pelabuhan Merak, jumlah kendaraan yang melintas ke Pulau Sumatra pada puncak arus mudik mencapai 37.692 kendaraan atau lebih dari kapasitas eksisting. Sementara itu, total kendaraan pada puncak arus balik mencapai 38.945 kendaraan. 

Oleh karena itu, Harry akan memperluas area parkir di Pelabuhan Merak melalui pemindahan lokasi konstruksi stasiun kereta api Merak. Harry menyarankan agar lokasi stasiun tersebut berada di luar kawasan Pelabuhan Merak dan sejajar dengan Terminal Terpadu dan Terminal Eksekutif Merak. 

"(Selain itu) kami merencanakan merelokasi kantor ASDP cabang Merak untuk memperluas area parkir," kata Harry. 

Untuk jangka pendek, Harry mengatakan, ASDP akan membangun rest area di Jalan Tol Tanggerang-Merak Kilometer (Km) 97. Rest area tersebut akan ditujukan sebagai zona penyangga dan penyaring bagi kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...