Tol JORR-S Bakal Punya Sistem Bayar Tol Tanpa Berhenti Tahun Ini

Tia Dwitiani Komalasari
2 Februari 2023, 09:29
Pengendara mobil melintas di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.
Pengendara mobil melintas di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

 PT Hakaaston atau HKA bersama PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan gerbang sistem transaksi non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di ruas tol JORR-S pada tahun ini. MLFF nantinya akan memudahkan pengguna tol yang akan melakukan pembayaran karena tidak lagi harus berhenti untuk membayar tol.

"HKA bersama Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol juga menargetkan pembangunan gerbang tol Multi Lane Free Flow (MLFF) di ruas tol JORR-S pada tahun 2023," ujar Direktur Utama HKA J Aries Dewantoro dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/2).

Aries mengatakan, HKA telah melakukan transformasi bisnis sejak 2021. Sebagai anak perusahaan Hutama Karya, HKA akan fokus bergerak pada Jasa Layanan Operasi ruas tol.

Dia mengatakan, HKA menargetkan pengelolaan rest area secara mandiri yang tersebar di berbagai ruas tol Hutama Karya tahun ini. Dari sisi pemeliharaan jalan tol, HKA juga menargetkan melakukan pekerjaan beautifikasi terhadap infrastruktur tol seperti pengecatan ulang pembatas jalan atau barrier, dan guardrail.

Target Pendapatan Rp 370 Miliar

Sedangkan target pendapatan Jasa Layanan Operasi (JLO) tol HKA tahun 2023 adalah sebesar Rp370 Miliar yang berasal dari kontrak pengelolaan dan pemeliharaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang terdiri dari ruas Sigli - Banda Aceh, Medan - Binjai, Binjai - Langsa, Tebing Tinggi - Kuala Tanjung - Indrapura, Pekanbaru - Bangkinang, Pekanbaru - Dumai.

Kemudian Indrapura - Kisaran, Bengkulu - Taba Penanjung, Palembang - Indralaya, Indralaya - Prabumulih, Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (TBPPKA), Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter), dan Akses Tanjung Priok.

Pendapatan juga berasal dari Jasa Layanan Rest Area melalui jasa pengelolaan, perawatan, dan pelayanan yang dilakukan di sembilan titik rest area di ruas TBPPKA dan 11 (Sebelas) titik rest area di ruas Bakter.

"HKA akan mengevaluasi kebutuhan pasar dan mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan pencapaian target tersebut. Hal ini mencakup optimalisasi layanan yang difokuskan pada kebersihan rest area, dan fasilitas publik yang berfungsi dengan baik,” kata Aries.

Selain fokus terhadap pengembangan bisnis JLO tol dan JLRA, HKA tetap menjalankan bisnis manufaktur konstruksi berupa penjualan hotmix, readymix dan precast. Hal itu dilakukan dengan penyelesaian kontrak pekerjaan JTTS yang masih berjalan seperti ruas Bangkinang – Rimbo Panjang, Betung – Jambi, Binjai – Pangkalan, Rengat – Pekanbaru dan sejumlah proyek eksternal seperti pengadaan dan pekerjaan hotmix Jalan Lintas Sumatera wilayah Pekanbaru dan memastikan deliverable tepat waktu dengan kualitas yang memenuhi standar.

Hingga Februari 2022, terdapat 67 ruas jalan tol telah beroperasi dengan panjang mencapai 2.499 km yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.  

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol terpanjang di Indonesia adalah ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, yakni mencapai 189,4 km. Ruas ini mulai beroperasi sejak 14 November 2019.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...