Secercah Harapan Bagi Konsumen Meikarta Pasca Amukan DPR

Tia Dwitiani Komalasari
16 Februari 2023, 14:46
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (tengah) bersama sejumlah anggota DPR saat meninjau proyek apartemen Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023). Kunjungan lapangan tersebut terkait penyelesaian konflik antara Meikarta dan
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (tengah) bersama sejumlah anggota DPR saat meninjau proyek apartemen Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023). Kunjungan lapangan tersebut terkait penyelesaian konflik antara Meikarta dan konsumen yang membeli apartemen tersebut.

Konsumen Meikarta saat ini kembali mendapatkan secercah harapan setelah terkatung-katung menanyakan kejelasan apartemen apartemen. Hal itu terjadi saat kasus gugatan konsumen Meikarta mendapatkan perhatian dari DPR.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad bahkan memimpin rombongan belasan anggota DPR mengunjungi proyek permukiman Meikarta di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/2).

Advertisement

"Kami dari DPR lintas komisi mengunjungi Meikarta karena ada keluhan dari konsumen ke beberapa komisi. Hari ini kami sudah melakukan kunjungan untuk mengecek fakta lapangan," kata Dasco.

Dasco menjelaskan bahwa DPR sudah menggelar dialog agar keluhan konsumen diakomodasi. Terkait dengan gugatan pengadilan sudah dicabut oleh manajemen.

"Kami nanti akan minta kepada Komisi III (Bidang Hukum) DPR RI untuk memantau, sampai sejauh mana penetapan pencabutan oleh pengadilan," katanya menegaskan.

Selain itu, dia menyebutkan 130-an konsumen yang kemudian merasa ingin meminta uang yang sudah disetor kembali akibat unit yang dipesan belum selesai. Menurut dia, pengembang tidak bisa melakukan refund, namun akan dikembalikan dengan titip jual.

"Kami akan melakukan pendampingan kepada konsumen yang sudah membeli agar haknya dapat terpenuhi," katanya menegaskan.

Gebrak Meja

Sebelumnya sebanyak 18 konsumen Meikarta digugat perdata Rp 56 miliar nama baik oleh pengembang apartemen tersebut, PT Mahkota Sentosa Utama atau PT MSU. Konsumen dinilai mencemarkan nama baik pengembang setelah demo di DPR karena belummendapatkan kabar mengenai serah terima partemen yag telah dibeli sejak 2017.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement