Jasa Marga Siapkan Ruas Tol Cipularang Padaleunyi Untuk Sambut Mudik

Nadya Zahira
11 April 2023, 08:18
jasa marga, mudik lebaran, tol cipularang, padaleunyi,
ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Kendaraan terjebak kemacetan saat pemberlakuan \"Contra Flow\" di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019).

PT Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division atau JMT memastikan kesiapan pelayanan operasi jalan tol di wilayah Jawa Barat 2 khususnya Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi jelang dimulainya periode arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 17 April 2023 - 2 Mei 2023.

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widyatmiko Nursejati menyampaikan, bahwa JMT memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas pada H-7 Lebaran (15/4) hingga H+7 (30/4) yang akan terjadi di Gerbang Tol atau GT Kalihurip Utama (Kalitama) dan GT Cileunyi.

“Untuk GT Kalitama, pada arus mudik, JMT memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 13,11% atau meningkat sebanyak 36 ribu kendaraan dibandingkan dengan kondisi normal bulan November 2022," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (11/4).

Widyatmiko menuturkan, sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi peningkatan kendaraan sebesar 31%, atau sebanyak 89 ribu kendaraan jika dibandingkan dengan kondisi normal pada bulan November 2022.

Dia mengatakan, selain GT Kalitama, peningkatan juga diprediksi terjadi pada GT Cileunyi, untuk arus mudik diprediksi terjadi peningkatan sebesar 41,8% atau sebanyak 100 ribu kendaraan, sedangkan untuk arus balik, diprediksi terjadi peningkatan sebesar 41,7% atau sebanyak 108 ribu kendaraan.

Sebagai upaya antisipasi lonjakan volume lalu lintas periode Hari Raya Idul Fitri, JMT berkoordinasi bersama dengan Kepolisian dan seluruh stakeholder terkait untuk menyiagakan rekayasa lalu lintas dan mengoptimalkan kapasitas lajur dan transaksi, serta memastikan pemberlakuan rekayasa lalu lintas Contraflow dan One Way tersosialisasi dengan baik sehingga tidak menghambat lalu lintas pengguna jalan dari dan ke Ruas Tol Cipularang.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...