Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam di Jakarta Tembus Rp 40.000 per Kg

Nadya Zahira
13 April 2023, 15:55
Pedagang memotong ayam pesanan pembeli di Pasar Sei Sikambing Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/4/2023).
ANTARA FOTO/Yudi/rwa.
Pedagang memotong ayam pesanan pembeli di Pasar Sei Sikambing Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/4/2023).

Harga daging ayam ras segar di Jakarta tembus Rp 40.000 per kg jelang lebaran 2023. Harga tersebut naik dibandingkan awal Ramadan yang mencapai Rp 30.000 per kg.

Pedagang Ayam Pasar Tradisional Tebet Timur,  Ahmad Bowo mengungkapkan kenaikan harga daging ayam ras segar itu sudah terjadi sejak dua pekan lalu. Harga daging ayam naik bertahap mulai dari Rp 5.000 per kg hingga Rp 10.000 per kg.

"Harga ayam sebenarnya naik turun, cuma untuk saat ini masih naik dari dua minggu yang lalu jadi sekilo nya Rp 40.000 dan untuk per ekornya Rp 45.000," ujarnya kepada Katadata.co.id saat ditemui di Pasar Tradisional Tebet Timur, Kamis (13/2).

Bowo mengatakan, adanya kenaikan harga tersebut karena harga pakan ayam masih mahal, sehingga para tengkulak menjual ayam kepada pedagang dengan harga tinggi. Selain itu, permintaan daging ayam juga meningkat jelang lebaran.

"Misalnya yang tadinya beli dua sampai lima ekor, sekarang bisa beli tujuh ekor," ujarnya. 

Berpotensi Tembus Rp 50.000 per Ekor

Bowo memprediksi kenaikan harga daging ayam ras segar akan semakin melonjak saat H-3 Lebaran dan H-1 setelah Lebaran. Sementara untuk harga ayam potong juga diprediksi akan tembus hingga mencapai Rp 50.000 per ekor.

Para pedagang di Pasar Tebet Timur mengatakan, belum ada perubahan harga yang signifikan sejak memasuki bulan Ramadan. Beberapa pedagang mengaku saat ini masih lebih memilih tidak menaikkan harga.

Sementara itu, Pedagang Pasar Tradisional Tebet Timur lainnya, Yusroh, mengatakan harga ayam yang dijualnya juga masih tinggi yakni Rp 40.000 per kg. Harga tersebut belum mengalami penurunan sejak dua minggu yang lalu. Ia menuturkan, jika kedepannya kembali terjadi kenaikan, sebisa mungkin dirinya tidak ikut menaikan harga.

“Harga ayam masih tinggi, tapi kalau nanti naik lagi, kita akan tetap bertahan saja untuk tidak menaikkan harga, kalau cuman naik Rp 1.000 tidak masalah," ujar Yusro.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional, rata-rata nasional harga daging ayam ras segar mencapai Rp 29.900 per kg pada Kamis (13/4). Harga daging ayam tersebut naik tipis dibandingkan rata-rata nasional harga daging ayam ras segar pada minggu pertama April 2023 yang mencapai Rp 29.450 per kg.  

Sementara untuk harga daging ayam ras segar tertinggi berada di Nusa Tenggara Timur yang mencapai Rp 44.100 per kilogram. Sedangkan untuk harga daging ayam ras terendah berada di Gorontalo yang hanya mencapai Rp 23.800 per kilogram.

Reporter: Nadya Zahira

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...