Otorita IKN Gandeng Siemens Kembangkan Smart City di Nusantara

Nadya Zahira
18 April 2023, 11:23
Pekerja menumpang di atas mobil bak saat melintasi proyek pembangunan kantor kementerian koordinator di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023). Pembangunan KIPP IKN
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Pekerja menumpang di atas mobil bak saat melintasi proyek pembangunan kantor kementerian koordinator di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023). Pembangunan KIPP IKN Nusantara mulai masif dikerjakan diantaranya pembangunan istana presiden, kantor presiden, kantor sekretariat presiden, dan kantor kementerian koordinator.

Otorita Ibu Kota Negara atau OIKN menjalin kerja sama dengan Siemens  dalam pengembangan sektor energi pintar, kota pintar atau smart city, bangunan pintar, infrastruktur mobilitas pintar, dan otomasi industri pintar di Nusantara.

Siemens merupakan perusahaan penyedia teknologi dan keahlian terkemuka di sektor energi modern. OIKN dan Siemens telah menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU untuk berkolaborasi.

Kepala Otoritas Ibu Kota Negara atau OIKN, Bambang Susantono mengatakan bahwa pihaknya senang dapat berkolaborasi dengan Siemens dalam pengembangan IKN menuju kota hijau dan menuju dan pintar.

"Nota kesepahaman ini menandai langkah penting untuk mencapai tujuan kami dalam menjadikan IKN sebagai pusat inovasi dan teknologi, yang menarik pengembangan bisnis dan ekonomi di Indonesia," ujar Bambang melalui keterangan resmi, Selasa (18/4).

Bambang percaya bahwa kolaborasi dengan Siemens bisa memberikan wawasan dan keahlian yang berharga untuk pengembangan konsep kota pintar di IKN. Dia berharap dapat bekerja sama dengan Siemens dalam pelaksanaan proyek pembangunan IKN tersebut.

Dia menyebutkan bahwa nota kesepahaman itu bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara kedua belah pihak dan bertukar ide, pengalaman dalam perencanaan, dan implementasi konsep kota pintar di Nusantara. Kota pintar ini akan mendukung pengembangan ekonomi hijau di Indonesia.

Adapun ruang lingkup kolaborasi tersebut yaitu meliputi:

1. Membentuk kelompok kerja dengan para pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan pengembangan kota pintar dalam lingkup Nusantara.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...