Menteri PUPR Sebut Mekanisme Pembelian Tanah Hambat Investasi Di IKN

Andi M. Arief
28 April 2023, 14:32
ikn, lahan, pupr
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Suasana proyek pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengakui belum ada investor yang benar-benar menanamkan uangnya di proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN. Menurutnya, peraturan terkait pembelian tanah menjadi penyebab utama.

Basuki mengatakan Badan Otorita IKN belum menyiapkan mekanisme pembelian tanah di sana. Walau demikian, Basuki optimistis investasi di IKN akan terealisasi.

"Kami yakinkan saja untuk investasi. Kan sudah ada yang masuk Letter of Intent, sudah beberapa kami serahkan ke otorita," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jumat (28/4).

Dalam rangka meyakinkan investor, Presiden Joko Widodo akan mengunjungi IKN bersama investor. Kepala Negara akan menjelaskan kepada investor terkait rencana detail tata ruang atau RDTR di IKN.

Nantinya, Jokowi akan memaparkan wilayah IKN mana saja yang dapat dikembangkan oleh investor. "Kemarin saya dipanggil, katannya kunjungan itu dalam waktu dekat," katanya.

Basuki mencatat salah satu pembangunan infrastruktur yang akan dipercepat dalam rangka kunjungan presiden adalah Training Center PSSI. Basuki menilai proyek tersebut penting lantaran dana investasi FIFA akan segera keluar untuk pembangunan delapan sepak bola tersebut.

Basuki meyakini pembangunan IKN akan terus berlanjut pasca Tahun Politik. Basuki menyebutkan keyakinan tersebut berasal dari terbitnya Undang-Undang No. 3-2022 tentang Ibu Kota Negara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...