ASEAN BAC Susun Peta Jalan ASEAN Jadi Pusat Ekonomi Dunia pada 2045

Tia Dwitiani Komalasari
10 Mei 2023, 16:39
Presiden Joko Widodo berjalan bersama Ketua ASEAN Business Advisory Council atau ASEAN BAC saat Konferensi Tingkat Tinggi ASEAn ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5).
Kadin
Presiden Joko Widodo berjalan bersama Ketua ASEAN Business Advisory Council atau ASEAN BAC saat Konferensi Tingkat Tinggi ASEAn ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5).

ASEAN Business Advisory Council menyusun petan jalan atau roadmap demi mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia. Ketua ASEAN BAC, Arsjad Rasjid, mengungkapkan ASEAN akan menjadi pusat stabilitas dan ekonomi dunia, pada tahun 2045 mendatang.

 "Proses ke arah itu akan dituangkan dalam roadmap yang berinovasi menuju inklusivitas yang lebih besar, seperti memperkuat sentralitas, memanfaatkan solusi inovatif, dan memberikan advokasi inklusivitas bagi peningkatan ketahanan wilayah," kata Arsjad pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42, dalam sesi ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Councildi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/05/2023).

Berdasarkan hasil  KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota baru ASEAN. Dengan demikian, roadmap  keanggotaan penuh sedang dipersiapkan.

Dia mengatakan, ASEAN BAC terus berupaya menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusif bagi siapapun untuk terus bertumbuh bersama. “No one left behind, seluruh ASEAN akan tumbuh bersama tanpa terkecuali, untuk dapat menjadi bagian dalam perjalanan ASEAN sebagai pusat   pertumbuhan ekonomi dunia,” kata Arsjad.

 Selain itu, ASEAN-BAC juga  konsisten memberikan berbagai masukan strategis dan umpan balik  dari sektor swasta kepada para pemimpin ASEAN. Ini dalam rangka mendorong integrasi ekonomi regional yang lebih kuat, serta mempromosikan legasi proyek-proyek yang berdampak langsung dan jangka panjang. 

 “Kami terus berupaya  memajukan agenda pasar tunggal melalui komitmen yang tinggi  di bidang perdagangan barang, dan melalui suatu penyelesaian efektif  hambatan non-tarif, integrasi lebih mendalam di bidang perdagangan  jasa,  serta melalui pergerakan investasi, pekerja terampil, pelaku  usaha, dan modal secara lebih lancar,” kata Wakil Ketua ASEAN-BAC, Bernardino Vega.

8 Legacy Project

 ASEAN-BAC menyampaikan rekomendasi isu kepada pemerintah. Isu tersebut adalah

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...