ASEAN Matters :
Epicentrum of Growth

Dengan mengemban Keketuaan, Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat Asia Tenggara dan dunia. Peran sentral ini sebagai motor perdamaian dan kesejahteraan kawasan. Indonesia juga ingin menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan dan dunia.

Didukung oleh:

Disponsori oleh:

Updates

About ASEAN

Perhimpunan negara-negara Asia Tenggara atau The Association of Southeast Asian Nations dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pendirian ASEAN ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Lalu, Brunei Darussalam bergabung pada 7 Januari 1984, Viet Nam pada 28 Juli 1995, Laos PDR dan Myanmar pada 23 Juli 1997, dan Kamboja pada 30 April 1999.

ASEAN Summit

ASEAN Summit merupakan badan pembuat kebijakan tertinggi di ASEAN yang beranggotakan para kepala negara atau pemerintahan. Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN ini diadakan dua kali setahun yang ditentukan oleh Ketua Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dengan berkonsultasi dengan negara-negara anggota ASEAN. KTT ASEAN pertama diselenggarakan di Bali, pada 23-24 Februari 1976. Indonesia telah menjadi Keketuaan ASEAN pada 1976, 2003, dan 2011.

Infographic

Bagaimana Pipa Air Bersih dapat Menurunkan Stunting di Provinsi NTT?

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu provinsi dengan prevalensi stunting tertinggi di Indonesia. Persoalan terbesar di provinsi ini adalah minimnya fasilitas air bersih layak dan sanitasi. Selain minimnya anggaran, pemerintah desa tidak memiliki kewenangan untuk mengatur alokasi dana untuk program jangka panjang yang sesuai kebutuhan desanya.

See More

Ceruk Baru Mobil Listrik Cina Menyalip Dominasi Otomotif Jepang

Penjualan mobil merek Cina di Indonesia semakin gencar. Meski belum mampu mengalahkan dominasi Jepang, merek Cina menemukan ceruknya sendiri yakni mobil listrik. Sementara Jepang masih setia fokus memproduksi kendaraan bahan bakar minyak dan hybrid.

See More

Mengapa Pengalihan Dana BOS Mengancam Akses Siswa Miskin?

Pemerintah mempertimbangkan wacana menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk program makan siang gratis calon presiden Prabowo Subianto. Padahal, dana BOS di beberapa wilayah menyokong mayoritas anggaran bidang pendidikan sekolah, termasuk untuk honorarium guru dan biaya bantuan siswa miskin.

See More

Problematika Tak Efektifnya Anggaran Pendidikan di Indonesia

Wacana penggunaan dana BOS untuk membiayai program makan siang gratis calon presiden Prabowo Subianto menunjukkan sektor pendidikan belum menjadi program prioritas. Pengurangan anggaran pendidikan berpotensi menurunkan kualitas, seperti terlihat dari hasil penilaian PISA yang dikeluarkan OECD.

See More

Memupuk Modal Pembangunan Hijau Tanah Air

Indonesia mendorong pembangunan hijau sebagai upaya dekarbonisasi. Di tengah kebutuhan pendanaannya yang besar, seluruh pihak perlu terlibat dalam mendorong pemenuhan keuangan berkelanjutan agar pembangunan hijau merata di Tanah Air. PublicFinance2024

See More

Anomali Kekalahan Ganjar di Kandang Banteng saat PDIP Menjuarai Pileg 2024

Perolehan suara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md keok di provinsi-provinsi yang menjadi basis PDIP selama bertahun-tahun. Sebaliknya, PDIP justru berhasil mengamankan posisinya sebagai partai peraih suara terbanyak. Bagaimana anomali ini bisa terjadi?

See More

Data Stories

Through Databoks, we gather relevant data about ASEAN SUMMIT and visualise them to make them easier to comprehend.

More Databoks »

KONTAK KAMI

Untuk informasi lebih lanjut, Hubungi kami melalui saluran ini.

Langganan Newsletter

Jadilah yang pertama untuk mendapat informasi dan peluang terbaru dari Katadata.