Jokowi Targetkan Konstruksi Tol Betung-Jambi Rampung 2024

Andi M. Arief
16 Mei 2023, 18:18
Pengendara sepeda motor melintas di lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai seksi III, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (3/6).
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Pengendara sepeda motor melintas di lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai seksi III, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (3/6).

Presiden Joko Widodo menargetkan konstruksi Tol Betung-Tempino-Jambi akan rampung pada 2024. Total panjang jalan bebas hambatan tersebut mencapai 169 kilometer (Km).

Tol Betung-Tempino-Jambi yang dibangun di Jambi mencapai 33 Km atau dari Bayung Lencir, Sumatera Selatan hingga Tempino, Jambi. Tanah pembangunan tol tersebut seluruhnya dibebaskan dan siap dibangun sejak April 2023.

"Saya tidak melihat ada hambatan dalam pembangunan Tol di Jambi. Artinya, sesuai jadwal tahun depan selesai," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (16/5).

Kementerian PUPR mencatat Tol Betung-Tempino-Jambi merupakan bagian dari ruas tulang punggung atau backbone di Pulau Sumatera bagian selatan, yakni dari Bakauheni ke Jambi. Adapun, ruas backbone Sumatera lainnya adalah dari Pekanbaru ke Dumai.

Total investasi yang ditanamkan di Tol Betung-Tempino-Jambi mencapai Rp 25,19 triliun dan dikerjakan oleh PT Hutama Karya. Hutama Karya telah mendapatkan Penyertaan Modal Negara dalam RAPBN 2023 senilai Rp 8,962 miliar untuk percepatan penyelesaian ruas tersebut.

Selain jalan tol, Jokowi akan membangun jalur khusus kendaraan niaga yang mengangkut batu bara. Menurutnya, hal tersebut penting agar kendaraan niaga tersebut tidak lagi menggunakan jalan umum.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...