Fans KPop Kritik Hyundai soal Rencana Pembelian Alumunium dari Adaro

Hanna Farah Vania
24 Mei 2023, 12:53
Hyundai
Kpop4planet
Kpop4planet: Hentikan Penggunaan Aluminium Kotor untuk Mobil Listrik

Pengemar K-pop (Kpopers) bersama Kpop4planet menggelar aksi kreatif di Hyundai Motor Studio, Jakarta untuk mengkritik rencana perusahaan asal Korea Selatan tersebut membeli aluminum dari proyek Adaro di Kalimantan Utara.

Juru Kampanye Kpop4planet Nurul Sarifah mengatakan pasokan alumunium dari Adaro tersebut akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sehingga mencederai komitmen keberlanjutan Hyundai. Ia menyebut langkah Hyundai justru bertolak belakang dengan promosi mobil listrik ramah lingkungan. 

“Sangat mengecewakan apabila Hyundai tetap menyetujui kerjasama pembelian aluminium untuk mobil listrik mereka yang akan diproduksi oleh PLTU batu bara baru,” kata Nurul, mengutip dari keterangan tertulis, Selasa (23/5).

Pada aksi tersebut, para penggemar lagu pop korea, khususnya BTS, membacakan surat terbuka. Penggemar BTS ini menuntut Hyundai untuk mengubah arah kebijakan dan memilih bahan baku yang ramah lingkungan untuk aluminium mereka. Tujuannya agar selaras dengan citra ramah lingkungan yang digaungkan Hyundai bersama BTS.

Kpop4Planet sebelumnya telah meluncurkan petisi yang bertajuk Hyundai “Drop Coal”. Petisi ini merupakan permainan kata dari lagu BTS bertajuk “Mic Drop”. Kpop4planet merekomendasikan Hyundai untuk membeli aluminium yang diproduksi dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) seperti surya dan angin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...