Uji Laik Fungsi Rampung, Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Segera Beroperasi

Nadya Zahira
9 Juni 2023, 16:12
Kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

Jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi 4-6 selesai menjalani uji laik fungsi atau ULF pada 6-7 Juni 2023. Dengan demikian, tol cisumdawu akan segera beroperasi penuh dari seksi 1-6 dalam waktu dekat.

Uji Laik Fungsi seksi 4 hingga seksi 6 dilakukan sepanjang 29,3 kilometer dari Gerbang Tol Cimalaka hingga Gerbang Tol Cisumdawu dan Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat, Brawijaya, mengatakan ULF perlu dilakukan untuk mempersiapkan pembukaan jalan pada ruas tol Cisumdawu sebelum beroperasi.

“Semoga dari hasil uji laik fungsi tidak banyak perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan oleh BUJT dalam hal ini juga termasuk juga kontraktor, karena saya lihat sudah bagus dari sisi teknis,” ujarnya melalui unggahan di Instagram Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, dikutip Jumat (9/6).

Namun demikian, pihaknya akan mempersiapkan waktu untuk melakukan perbaikan jika ditemukan adanya kekurangan saat uji laik fungsi.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Biaya konstruksi tol menyerap Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol.

Tol Cisumdawu merupakan satu dari 13 jalan tol yang ditargetkan beroperasi 2023. Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...