Arsjad Rasjid Ajak Korea Selatan Tambah Investasi di ASEAN

Ameidyo Daud Nasution
13 Juni 2023, 07:57
asean, arsjad rasjid, korea selatan
Dokumentasi Kadin
Ketua Kamar Dagang Indonesia sekaligus Ketua Asean Business Advisory Council Arsjad Rasjid.

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid mengajak Korea Selatan berinvestasi di ASEAN. Hal ini karena wilayah Asia Tenggara memiliki banyak keunggulan ketimbang kawasan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Arsjad dalam rangka roadshow ASEAN-BAC di Seoul, Korea Selatan pada 7 hingga 9 Juni 2023 lalu. Ia juga mengajak Korea Selatan meningkatkan kerja sama bilateral dengan negara-negara ASEAN.

"Kami juga memiliki sumber daya manusia berdaya saing, sumber daya alam melimpah, dan pasar yang luas," kata Arsjad dalam keterangan tertulis, Senin (12/6/2023).

Arsjad mengatakan Korsel menempatkan Asia Tenggara sebagai salah satu kawasan yang punya potensi pertumbuhan ekonomi yang besar. Kawasan ini juga dianggap menarik bagi produk dan jasa, teritama teknologi informasi, komunikasi, manufaktur, pariwisata, serta consumer goods.

"Salah satunya dalam hal kendaraan listrik dan penggunaan transaksi digital seperti QR code," katanya.

Secara khusus, Arsjad mengapresiasi dukungan Korsel mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Ini ditandai peluncuran mobil listrik Hyundau Ioniq 5 pada Maret 2022.

Saat ini, Hyundai tengah membangun pabrik baterai khusus kendaraan listrik Mobis. Pabrik tersebut ditargetkan rampung pada semester pertama 2024.

Arsjad pun mengapresiasi dukungan kuat Pemerintah Korea Selatan dalam upaya mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, yang ditandai peluncuran kendaraan listrik Ioniq 5 edisi terbatas pada Maret 2022.

"Hyundai telah menginvestasikan US$ 60 juta untuk membangun pabrik sebagai landasan bisnis Hyundai Mobis, fokusnya pada pasar ASEAN," kagta Arsjad.

Selama dua hari, Arsjad juga menjumpai pejabat dan pelaku bisnis Korsel. Ia mengundang mereka hadir ke ASEAN Business & Investment Summit (ABIS) 2023 dan ASEAN Business Awards (ABA) 2023 di Jakarta pada 3-4 September 2023.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu juga menawarkan peluang investasi di Indonesia. Beberapa yang ditawarkan adalah investasi di transisi energi, kesehatan, ekonomi digital, hingga proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...