TransJakarta Akan Buka Rute Bandara Soetta-Kalideres, Uji Coba Juli

Nadya Zahira
14 Juni 2023, 05:25
Penumpang menggunakan masker saat menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Senin (12/6/2023).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Penumpang menggunakan masker saat menaiki bus Transjakarta di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Bus Transjakarta direncanakan akan melayani rute Bandara Soekarno Hatta-Terminal Kalideres. Uji coba layanan TransJakarta ke bandara tersebut akan dimulai Juli 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan Transjakarta memiliki segmen penumpang yang berbeda dengan moda transportasi bandara lainnya seperti Damri dan Kereta Bandara. Damri dan kereta bandara mengangkut penumpang yang akan berlanjut ke penerbangan.

Sementara TransJakarta membidik pekerja Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta. Menurut Syafrin, segmen ini belum terlayani oleh moda transportasi umum lainnya.

"Bandara Soetta ada kekosongan layanan di segmen tertentu. Segmen untuk pekerja belum ada yang isi," kata dia di Jakarta, Selasa (13/6).

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga sudah melakukan perhitungan waktu tempuh TransJakarta Bandara Soetta. Dia mengatakan, waktu tempuh dari terminal Kalideres maksimal 90 menit berdasarkan kepadatan lalu lintas yang ada saat ini.

"Waktu tempuh ini yang akan ditinjau pada saat uji coba nanti, karena Transjakarta tentu harus bisa memenuhi standar pelayanan minimum yang sudah ada," kata Syafrin.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...