Riset KIC: Borobudur Jadi Destinasi Wisata Jateng-DIY Paling Diingat

Nadya Zahira
15 Juni 2023, 14:29
Sejumlah biksu memimpin ritual pradaksina berjalan mengelilingi candi saat doa pagi Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Doa pagi menyambut Tri Suci Waisak 2567 BE/2023. diikuti oleh seratusan umat Buddha dengan permohonan
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.
Sejumlah biksu memimpin ritual pradaksina berjalan mengelilingi candi saat doa pagi Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Doa pagi menyambut Tri Suci Waisak 2567 BE/2023. diikuti oleh seratusan umat Buddha dengan permohonan untuk perdamaian dunia dan kebaikan bagi semua makhluk.

Candi Borobudur merupakan destinasi wisata Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jateng-DIY yang paling diingat warga.  Temuan ini berdasarkan survei dari Katadata Insight Center atau KIC serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertajuk  'Persepsi terhadap Wisata Candi Borobudur'. 

Berdasarkan survei KIC, 33% responden memilih Candi Borobudur sebagai tempat wisata paling diingat. Posisi selanjutnya yaitu Malioboro sebesar 10%, Candi Prambanan sebesar 8%, Pantai Parangtritis sebesar 6%, dan di posisi kelima Dieng sebesar 5%. 

Research Director Katadata Insight, Gundy Cahyadi, mengatakan survei dilakukan pada 21 Maret-18 April 2023. Survei dilakukan secara daring ke 1.648 responden di Jawa dan 543 responden luar pulau Jawa.

"Kami juga melakukan survei kualitatif yaitu in-depth interview dengan pengelola, pelaku usaha, komunitas agama, ahli,"  ujar Gundy saat memaparkan hasil riset KIC di Jakarta, Kamis (15/6).

Berdasarkan survei KIC, Candi Borobudur juga merupakan tempat wisata yang paling banyak disukai warga setelah Karimunjawa dan Dieng.  Tak hanya itu, Borobudur menjadi tempat pariwisata yang paling banyak dikunjungi warga dalam lima tahun terakhir setelah Malioboro.

Gundy mengatakan, riset juga menanyakan persepsi masyarakat mengenai Candi Borobudur. Berdasarkan riset tersebut, mayoritas masyarakat atau 83% mempersepsikan Candi Borobudur sebagai cagar budaya. 

Sebanyak 62% mayoritas responden mempersepsikan Candi Borobudur sebagai tujuan tempat wisata. Sementara 55% warga mempersepsikan Candi Borobudur sebagai tempat ibadah.

Menurut dia, Candi Borobudur yang lebih banyak dipersepsikan sebagai cagar budaya menunjukkan bahwa warisan tersebut merupakan ikon sejarah. Oleh sebab itu, kelestarian budaya Candi Borobudur perlu dirawat dan dijaga untuk memperpanjang usia situs budaya.

"Sosialisasi tentang cagar budaya yang perlu dirawat tetap perlu diteruskan," ujar Gundy.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...