Perusahaan AS Investasi Rp 7,5 Triliun Bangun Industri Panel Surya

Ira Guslina Sufa
24 Juni 2023, 15:07
Investasi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia bersiap menyampaikan keterangan pers usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima delegasi Korea Selatan di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/5/2023).

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan masuknya investasi perusahaan asal Amerika Serikat SEG Solar Inc dan ATW Group senilai 500 juta dolar AS atau setara Rp 7,5 triliun. Investasi akan diarahkan untuk membangun industri pembuatan panel dan modul surya di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah.

​​​​Menurut Bahlil kepastian investasi tertuang melalui penandatanganan Perjanjian Pra-Kerja Sama antara perusahaan SEG Solar Inc. bersama ATW Group sebagai mitra Indonesia dengan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Penandatangan dilakukan oleh Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan, CEO SEG Solar Inc Jim Wood, Founder ATW Group Antonius Weno, dan Direktur ATW Group Victor Samuel di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat di Washington, DC, AS, Jumat (23/6).

 “Penandatanganan kerja sama ini adalah bentuk upaya dari Pemerintah Indonesia untuk mendorong transisi energi,” kata Bahlil dalam keterangan resmi yang dikutip, Sabtu (24/6). 

Menurut Bahlil kerjasama investasi juga menjadi proses awal dalam mendorong keterbukaan antara Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat. Apalagi, dengan adanya Inflation Reduction Act (IRA) yang dapat mempengaruhi minat investasi perusahaan ke Indonesia serta ekosistem kendaraan listrik secara global.

Bahlil menekankan kehadiran pemerintah untuk meyakinkan investor Amerika untuk berinvestasi di Indonesia. Apalagi, produknya tidak hanya untuk diekspor ke Amerika, tapi juga ke negara lain. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...