Bandara Kertajati Beroperasi, Terima Kedatangan Jemaah Haji 9 Juli

Nadya Zahira
24 Juni 2023, 19:46
Petugas membantu keberangkatan jemaah haji di Bandara Kertajati
Kementerian Perhubungan
Petugas membantu keberangkatan jemaah haji di Bandara Kertajati, Minggu (28/5).

Bandara Kertajati resmi menjadi tempat keberangkatan haji untuk pertama kalinya pada 28 Mei lalu. Inspektur Penerbangan Kementerian Perhubungan Pintanugra Persadanta mengtakan jamaah haji tersebut akan tiba kembali ke Bandara Kertajati usai melaksanakan ibadah haji pada 9 Juli 2023.

“Jadi direncanakan fase dua akan dimulai pada 9 Juli, akan ada ketibaan jamaah haji ke Bandara Kertajati ini,” ujar Pintanugra saat ditemui di Bandara Kertajati, Jawa Barat, Sabtu (24/6).

Pintanugra mengatakan, penerbangan kembali dari Saudi Arabia menuju Bandara Kertajati menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines jenis Airbus A-330-300. Adapun total jamaah haji yang akan tiba tersebut sebanyak 370.

Dia memastikan penerbangan usai melaksanakan ibadah haji dari Saudi Arabia menuju Bandara Kertajati itu dapat berjalan dengan aman sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tentunya kita selalu memastikan penerbangan tersebut dapat berjalan dengan lancar, sehingga setibanya jamaah haji ke Bandara Kertajati ini tidak ada masalah dan kendala apapun,” kata Pintanugra. 

Seperti bandara embarkasi lainnya, Bandara Kertajati turut melayani para jemaah lanjut usia yang menjadi prioritas pada 2023. Pada keberangkatan kloter pertama tersebut, jemaah tertua berusia 93 tahun.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...