Batal Impor, KAI Beli 24 Rangkaian KRL hingga 2027

Nadya Zahira
26 Juni 2023, 09:49
kai, krl, impor krl
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Penumpang KRL Commuterline menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta (30/5).

PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter berencana membeli 24 rangkaian Kereta Rel Listrik atau KRL dari PT Industri Kereta Api atau Inka. Ini untuk pemenuhan kebutuhan kereta hingga 2027.

VP Corporate Secretary Anne Purba mengatakan, KAI Commuter memiliki kontrak kerja sama dengan PT INKA untuk pengadaan 16 rangkaian kereta atau trainset sarana KRL baru. Ini dalam rangka penambahan kapasitas.

Sebanyak 16 rangkaian kereta itu akan dikirimkan secara bertahap pada 2025 - 2026.

Selain itu, KAI Commuter akan mendatangkan delapan rangkaian kereta baru pada 2027. 

"Maka  total 24 trainset baru akan didatangkan dari PT INKA sampai 2027. Ini bentuk dukungan KAI Commuter untuk produksi KRL dalam negeri, yang pastinya akan tumbuh terus," ujar Anne melalui keterangan resmi, dikutip Senin (26/6).

Ia mengatakan KAI Commuter akan melakukan penggantian armada kereta dengan mendatangkan sarana KRL baru tahun depan sebanyak tiga trainset. Selain itu, melakukan retrofit 19 sarana KRL mulai tahun ini. 

Dalam proses seluruh pengadaan sarana KRL tersebut, selain pendanaan dari PT KAI dan KAI Commuter, ada opsi dukungan Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara atau PMN. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...