Pengunjung Borobudur Naik hingga 300%, Wisatawan Antre Beli Tiket

Tia Dwitiani Komalasari
3 Juli 2023, 08:48
Wisatawan mengunjungi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Selasa (18/4/2023).
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Wisatawan mengunjungi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Selasa (18/4/2023).

Jumlah pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur naik hingga tiga kali lipat pada libur sekolah tahun ini. Selain wisatawan domestik, kunjungan wisatawan mancanegara pun mengalami peningkatan.

General Manager Unit Borobudur PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko atau TWC, Jamaludin Mawardi, mengatakan rata-rata jumlah pengunjung Candi Borobudur sebelum liburan sekolah  mencapai antara 3.000 hingga 3.500 orang per hari. Jumlah itu meningkat menjadi antara 6.000 hingga 8.000 orang per hari selama liburan sekolah.

"Bahkan, pada akhir pekan pengunjung biasanya antara 7.000 hingga 8.000 orang. Kemarin sempat sampai 10.000 pengunjung, mungkin karena kemarin bersamaan dengan cuti bersama," katanya di Magelang, Jawa Tengah seperti dikutip dari Antara, Senin (3/7).

Menurut dia, peningkatan pengunjung mulai awal liburan sekolah pada akhir Juni 2023 sudah terlihat dari kedatangan bus-bus yang masuk lokasi taman wisata Borobudur. Selain itu terdapat antrean pelajar di loket masuk.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik

Ia menyampaikan kunjungan wisatawan mancanegara juga mulai meningkat. Apalagi pada Juni hingga Agustus 2023 merupakan liburan musim panas bagi wisatawan Eropa.

"Indikasinya sudah kelihatan, setiap pagi jumlah wisatawan yang antre untuk membeli tiket naik ke candi juga mulai kelihatan, lebih banyak dari hari-hari sebelumnya," katanya.

Ia menuturkan pada masa liburan sekolah ini, kuota kunjungan naik ke bangunan candi sebanyak 1.200 orang per hari terpenuhi lebih awal.

"Kalau biasanya kuota kunjungan naik ke bangunan candi terpenuhi sekitar pukul 15.00-15.30 WIB, pada masa liburan ini pukul 14.00 WIB sudah terpenuhi," katanya.

Jamaludin menegaskan otomatis kalau kuota naik candi sudah penuh, maka pengunjung hanya diberi kesempatan untuk menikmati bangunan candi dari halaman saja.

Pada libur sekolah kali ini, Taman Wisata Candi Borobudur juga menyajikan permainan tradisional dan pembuatan kerajinan seperti gerabah, wayang, dan eco print di halaman.

Menurut laporan survei Katadata Insight Center atau KIC yang bertajuk Persepsi Terhadap Wisata Candi Borobudur, sebanyak 78% dari total responden mengaku pernah mengunjungi candi tersebut, sedangkan 22% belum pernah.

Dari kelompok responden yang pernah ke Candi Borobudur, aktivitas yang paling banyak dilakukan adalah keliling pelataran atau halaman candi, yakni sebanyak 97%.

Ada banyak pula pengunjung candi yang berfoto (96%), keliling kompleks candi (94%), dan menaiki struktur bangunan candi (89%), seperti terlihat dalam grafik.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...