PUPR Akan Perbaiki Jalan Pantai Selatan Jateng Tahun Ini

Nadya Zahira
7 Juli 2023, 22:06
Pantai selatan, jawa tengah, pupr
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Foto udara jalur pantai selatan (pansela) di Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (17/4/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memperbaiki Jalan Daendels Pantai Selatan atau Pansela pada 2023 ini. Saat ini proses tengah memasuki masa lelang. 

Jalan Daendels Pansela membentang dari Cilacap di Jawa Tengah hingga daerah perbatasan dengan DIY dengan panjang sekitar 130 kilometer. Meski demikian, PUPR belum menyebutkan berapa panjang Jalan Pansela di Jateng yang akan diperbaiki.

"Ada program perbaikan Jalan Daendels pada tahun ini, Insya Allah akan jalan," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.4 Jawa Tengah, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta, Jutika Aditya Nugraha dalam kunjungan media ke DIY dan Jawa Tengah, Jumat (7/7)

Jutika mengatakan kondisi kemantapan jalan nasional yang ada di Jawa Tengah dan DIY pada tahun 2023 mencapai 92%. Angkat tersebut turun dibandingkan pada tahun kemarin yang mencapai 95%.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena terdapat jalan provinsi yang ditingkatkan menjadi jalan nasional pada tahun 2023, yakni Jalan Tentara Pelajar di Muntilan. 

BBPJN Jawa Tengah-DIY juga mendukung peningkatan jalan bagi Destinasi Wisata Super Prioritas Borobudur. Ia menyebutkan, ada 5 proyek yang dikerjakan yakni Preservasi Jalan Pringsurat-Secang-Keprekan, Preservasi Jalan Keprekan-Muntilan-Salam. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...