PUPR Targetkan Jalan Pantai Selatan Yogyakarta Rampung Sepenuhnya 2024

Nadya Zahira
6 Juli 2023, 22:18
Jalan Pantai Selatan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Foto: Nadya Zahira.
Katadata
Jalan Pantai Selatan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Foto: Nadya Zahira.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan proyek Jalan Lintas Pantai Selatan atau Pansela di Yogyakarta dapat rampung sepenuhnya pada 2024.

"Untuk Pansela tahun ini, ada satu paket pembangunan yang sedang berjalan. Harapan kami, pada akhir tahun 2023 dapat diselesaikan," ujar Asisten Pelaksana Pelaksanaan Jalan Nasional DIY Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah - DI Yogyakarta Wahyu Widiantoro di Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis (6/7).

Wahyu mengatakan, paket yang sedang berjalan tersebut yaitu Pembangunan Jalan Tepus - Jerukwudel II sepanjang 10,92 km. Proyek tersebut memiliki nilai kontrak sebesar Rp 266 miliar.

Sedangkan untuk tahun 2023 - 2024, ia mengatakan terdapat dua paket pekerjaan. Dengan begitu, diharapkan pada tahun 2024 seluruh pembangunan jalan Pansela di Yogyakarta dapat rampung. 

“Jadi untuk kedua kontrak pada tahun 2024 tersebut yakni satu paket pembangunan Jalan Baru Kretek hingga Girijati saat ini dalam persiapan kontrak,” kata dia. 

Wahyu menjelaskan, paket pembangunan Jalan Baru Kretek hingga Girijati tersebut memiliki panjang 5,64 km dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 261 miliar.

Wahyu menjelaskan panjang Pansela Yogyakarta saat ini adalah sekitar 117,31 kilometer dengan 67,9 kilometer merupakan jalan nasional. Adapun kemantapan Jalan Pansela DIY adalah sekitar 85% dan jalan nasional DIY sekitar 98%. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...