Lelang Proyek Tol Getaci Akhir 2023, Tahap Awal Rute Gedebage-Ciamis

Tia Dwitiani Komalasari
11 Juli 2023, 10:54
Foto udara Simpang Susun Cileunyi yang menyambungkan Jalan Tol Pubaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara Simpang Susun Cileunyi yang menyambungkan Jalan Tol Pubaleunyi dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/4/2022).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan proyek Jalan Tol Getaci atau Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap saat ini sedang dalam tahap persiapan. Untuk tahap pertama, Kementerian PUPR akan melelang ruas Gedebage hingga wilayah Ciamis.

"Sekarang, sedang persiapan untuk lelang sampai dengan Ciamis, Jawa Barat," ujar Basuki dalam peresmian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu di Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7).

Dia mengatakan, lelang tahap pertama disiapkan mulai dari Gedebage sampai Ciamis. Kemungkinan, lelang proyek Jalan Tol Getaci tersebut dilaksanakan pada akhir 2023.

Menurut Basuki, pembangunan Tol Getaci bertujuan untuk memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Jawa Barat bagian selatan.

Konektivitas di daerah Jabar selatan makin lama makin menurun karena kepadatan lalu lintas. Misalnya saja waktu tempuh dari Tasikmalaya ke Bandung yang jaraknya 100 km, bisa mencapai tiga jam.

Dengan demikian, Basuki mengatakan, kebutuhan jalan tol merupakan suatu keniscayaan karena di wilayah Jabar selatan. "Di situ banyak pusat-pusat pertumbuhan, namun konektivitasnya masih kurang memadai," ujarnya.

Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Jawa Tengah 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol itu masuk dalam proyek strategis nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Tol Getaci direncanakan terdiri atas empat seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara 45,20 km, Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya 50,32 km, Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan 76,78 km, dan Seksi 4 Patimuan-Cilacap 34,35 km.

Sementara itu, sebanyak 13 tol baru ditargetkan rampung hingga akhir 2023. Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...