Industri Makanan dan Minuman Diprediksi Tumbuh 7% Berkat Tahun Politik

Nadya Zahira
18 Juli 2023, 14:10
Pekerja mengawasi proses produksi di Pabrik PT Heinz ABC Indonesia, Karawang, Jawa Barat, Senin (28/11/2022). Kementerian Perindustrian mengapresiasi industri makanan dan minuman yakni PT Heinz ABC Indonesia yang menambah investasinya untuk perluasan dan
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Pekerja mengawasi proses produksi di Pabrik PT Heinz ABC Indonesia, Karawang, Jawa Barat, Senin (28/11/2022). Kementerian Perindustrian mengapresiasi industri makanan dan minuman yakni PT Heinz ABC Indonesia yang menambah investasinya untuk perluasan dan modernisasi pabrik di Karawang sebesar Rp1,2 triliun.

Industri makanan dan minuman atau mamin diprediksi bisa tumbuh hingga mencapai 7% pada tahun ini. Pertumbuhan tersebut didorong berbagai kegiatan yang dilakukan partai politik jelang pemilihan umum atau Pemilu pada Februari 2024. 

"Periode politik ini menjadi berkah, karena banyak kegiatan dan acara partai politik sehingga mau tidak mau butuh makanan dan minuman," ujar Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman atau Gapmmi Adhi S. Lukman saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Selasa (18/7).

Adhi mengatakan, optimisme tersebut tercermin dari pertumbuhan industri mamin pada kuartal I tahun 2023 yang sudah mencapai 5,3%. Angka itu meningkat dibandingkan pertumbuhan kuartal I tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4,9%.

Namun demikian, pertumbuhan industri mamin belum pulih seperti masa sebelum pandemi. Pasalnya sebelumnya, kinerja industri mamin bisa tumbuh hingga 7-10%.

“Kita juga berharap dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil di atas 5% ini jadi pendorong industri mamin menuju normal. Bahkan saya berharap tahun ini bisa tercapai perkiraannya hingga 7%,” kata dia.

Adhi mengatakan, prediksi ini muncul berdasarkan pengalaman pada periode-periode jelang tahun politik sebelumnya yang selalu bisa meningkatkan pertumbuhan pada industri mamin.

Di sisi lain, menurut dia, berakhirnya status pandemi Covid-19 baik secara nasional maupun internasional juga dapat membuat pertumbuhan industri mamin lebih moncer. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...