Harga Produk Makanan dan Minuman Mulai Naik Imbas Gula Mahal

Nadya Zahira
18 Juli 2023, 15:08
Siswa SD berjalan di antara rak makanan dan minuman di salah satu minimarket, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2022).
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/AWW.
Siswa SD berjalan di antara rak makanan dan minuman di salah satu minimarket, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2022).

Produsen makanan dan minuman mulai menaikkan harga produknya imbas harga gula dunia yang tinggi. Kenaikan harga tersebut terutama dilakukan untuk produsen makanan dan minuman skala kecil.

Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia atau GAPMMI, Adhi S. Lukman, usaha kecil menengah atau UKM langsung terdampak kenaikan harga gula karena stoknya sedikit. Mereka membeli bahan baku dalam jangka pendek.

“Bahkan mereka membeli gula secara harian dan mingguan, otomatis mau tidak mau kesulitan kalau harga gula tinggi,” kata Adhi saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (18/7). 

Sementara produsen makanan dan minuman skala masih banyak yang belum menaikkan harga produknya. Pasalnya,  pelaku industri besar biasanya memiliki kontrak jangka panjang dengan pemasok. 

Saat  ini, pelaku industri skala besar masih menggunakan stok Gula Kristal Rafinasi atau GKR yang diimpor awal 2023. Sementara kenaikan tertinggi harga gula global baru terjadi sejak Mei.

Namun demikian, Adhi mengatakan, produsen makanan dan minuman skala besar kemungkinan akan ikut menaikkan harga jika harga gula masih tinggi awal 2024.

“Perkiraan saya mungkin awal tahun baru kita akan lakukan perubahan-perubahan harga produk makanan dan minuman jika harga gula dunia masih terus tinggi,” ujar Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia atau GAPMMI, Adhi S. Lukman, saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (18/7). 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...