Dubes Korea Selatan Kunjungi IKN, Tinjau Bendungan dan Instalasi Air

Nadya Zahira
21 Juli 2023, 10:28
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang-deok (memakai payung) mengunjungi kawasan Ibu Kota Nusantara, Kamis (20/7/2023).
Kementerian PUPR
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang-deok (memakai payung) mengunjungi kawasan Ibu Kota Nusantara, Kamis (20/7/2023).

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang-deok, mengunjungi Ibu Kota Nusantara atau IKN, di  Kalimantan Timur pada Kamis (20/7). Kunjungan tersebut sebagai bentuk kesiapan untuk menjalin kerja sama dalam pembangunan di IKN.

Ketua Bidang Pelaksanaan Penataan Kawasan Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN, Didiet Arief Akhdiat, mengatakan Duta Besar Lee Sang-deok hadir bersama 7 delegasi yang terdiri dari tim kedutaan, delegasi K-Water dan para delegasi bisnis asal Korea Selatan. Mereka ingin melihat sampai sejauh mana pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Supaya nanti ketika ada kunjungan selanjutnya dari pimpinan Korea Selatan, mereka sudah mendapatkan gambaran besar mengenai IKN dan progresnya," ujar Didiet dalam keterangan resmi, Jumat (21/7). 

Dalam kunjungan tersebut, rombongan delegasi Korea Selatan dan Duta Besar Lee Sang-deok didampingi langsung oleh Didiet untuk berkeliling ke kawasan Ibu Kota Nusantara. 

Rombongan berkesempatan mengunjungi Bendungan Sepaku Semoi dan meninjau progres pembangunan yang telah mencapai 92,77%. Mereka juga meninjau lahan IPA yang didanai oleh hibah pemerintah Korea Selatan yang saat ini sedang proses detail engineering design atau DED dan diperkirakan selesai Desember tahun 2023. 

Selanjutnya, rombongan menuju Titik Nol dan Menara Pandang Jalan Sumbu Kebangsaan Barat untuk melihat progres pembangunan Istana Presiden, Lapangan Upacara, hingga Kantor Kementerian Koordinator.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...